Kata Kerja Operasional
(KKO) SIKAP
Menerima
|
Menanggapi
|
Menilai
|
Menghayati
|
Mengamalkan
|
Menerima (Receiving)
|
Merespon (Responding)
|
Menghargai (Valuing)
|
Mengorganisasi (Organization)
|
Karakterisasi (Characterization)
|
|
|
|
|
|
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati
|
Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
|
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
|
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
|
Mengubah
perilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan
|
Mendengar
Menanyakan, Menahan diri/
Mengendalikan diri, Mengidentifikasi,
Memperhatikan, Menjawab
|
Mentaati,
Memenuhi,
Mendiskusikan, Melakukan,
Menyajikan, Mempresentasikan,
Menceritakan, Menulis,
Menginterpretasikan, Menyelesaikan,
Mempraktikkan
|
Menunjukkan, Mendemonstrasikan, Memilih,
Membedakan, Mengikuti,
Meminta,
Memenuhi, Menjelaskan,
Membentuk,
Berinisiatif, Melaksanakan,
Menjustifikasi, Melaporkan,
Menginterpretasikan, Membenarkan,
Menolak,
Menyatakan pendapat / Mempertahankan
pendapat
|
Mentaati,
Mematuhi, Merancang, Mengatur,
Mengidentifikasikan,
Mengorganisir, Merumuskan, Menyamakan,
Menghubungkan,
Mengintegrasikan, Menjelaskan,
Mengaitkan,
Menggabungkan, Memperbaiki,
Menyepakati,
Menyusun, Menyempurnakan, Menyatukan pendapat, Menyesuaikan, Melengkapi,
Membandingkan, Memodifikasi
|
Membiasakan
Melakukan, Melaksanakan,
Memperlihatkan, Membedakan, Memisahkan,
Memodifikasi,
Mempraktikkan, Mengusulkan,
Merevisi,
Memperbaiki, Membatasi, Mempertanyakan,
Mempersoalkan, Menyatakan,
Bertindak,
Mempertimbangkan
|
No.
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Penerimaan
|
Kemampuan untuk menunjukkan atensi dan
penghargaan terhadap orang lain
Contoh: mendengar pendapat orang lain,
mengingat nama seseorang
|
menanyakan, mengikuti, memberi, menahan /
mengendalikan diri, mengidentifikasi, memperhatikan, menjawab
|
2.
|
Responsif
|
Kemampuan berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran dan selalu termotivasi untuk segera bereaksi dan mengambil
tindakan atas suatu kejadian.
Contoh: berpartisipasi dalam diskusi kelas
|
Menjawab, membantu, mentaati, memenuhi,
menyetujui, mendiskusikan, melakukan, memilih, menyajikan, mempresentasikan,
melaporkan, menceritakan, menulis, menginterpretasikan, menyelesaikan,
mempraktekkan.
|
3.
|
Nilai yang dianut (Nilai diri)
|
Kemampuan menunjukkan nilai yang dianut
untuk membedakan mana yang baik dan kurang baik terhadap suatu
kejadian/obyek, dan nilai tersebut diekspresikan dalam perilaku.
Contoh: Mengusulkan kegiatan Corporate
Social Responsibility sesuai dengan nilai yang berlaku dan komitmen
perusahaan.
|
Menunjukkan, mendemonstrasikan, memilih,
membedakan, mengikuti, meminta, memenuhi, menjelaskan, membentuk,
berinisiatif, melaksanakan, memprakarsai, menjustifikasi, mengusulkan,
melaporkan, menginterpretasikan, membenarkan, menolak, menyatakan /
mempertahankan pendapat
|
4
|
Organisasi
|
Kemampuan membentuk sistem nilai dan budaya
organisasi dengan mengharmonisasikan perbedaan nilai.
Contoh: Menyepakati dan mentaati etika
profesi, mengakui perlunya keseimbangan antara kebebasan dan tanggung jawab
|
Mentaati, mematuhi, merancang, mengatur,
mengidentifikasikan, mengkombinasikan, mengorganisir, merumuskan, menyamakan,
mempertahankan, menghubungkan, mengintegrasikan, menjelaskan, mengaitkan,
menggabungkan, memperbaiki, menyepakati, menyusun, menyempurnakan, menyatukan
pendapat, menyesuaikan, melengkapi, membandingkan, memodifikasi
|
5.
|
Karakterisasi
|
Kemampuan mengendalikan perilaku berdasarkan
nilai yang dianut dan memperbaiki hubungan intrapersonal, interpersonal dan
sosial.
Contoh: Menunjukkan rasa percaya diri
ketika bekerja sendiri, kooperatif dalam aktivitas kelompok
|
Melakukan, melaksanakan, memperlihatkan,
membedakan, memisahkan, menunjukkan, mempengaruhi, mendengarkan,
memodifikasi, mempraktekkan, mengusulkan, merevisi, memperbaiki, membatasi,
mempertanyakan, mempersoalkan, menyatakan, bertindak, Membuktikan,
mempertimbangkan
|
Kata Kerja Operasional
(KKO) PENGETAHUAN
Mengingat (remember)
|
Memahami (Understad)
|
Mengaplikasikan (Apply)
|
Menganalisis (Analyze)
|
Mengevaluasi (Evaluate)
|
Mencipta (Create)
|
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
Penerapan
|
Analisis
|
Penilaian
|
Sintesis
|
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberi indeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
|
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan
|
Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Mentabulasi
|
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Mengkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
|
Membandingkan
Menyimpulkan
Menilai
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Memperjelas
Menugaskan
Menafsirkan
Mempertahankan
Memerinci
Mengukur
Merangkum
Membuktikan
Memvalidasi
Mengetes
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan
|
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan
Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi
|
Memberi
kode
Mengenali
Menempatkan
Menerbitkan
|
Meng-inferensi
Melaporkan
Membandingkan
Memprediksi
Menafsirkan
Menampilkan
Menceritakan
Mengabstraksikan
Mengartikan
Mengelompokkan
Menggeneralisasi
Menggolongkan
Mengilustrasikan
Menginterpolasi
Menginterpretasi
Mengklasifikasi
Menterjemahkan
|
Melakukan
Mengimplementasikan
Menjalankan
Mempraktikan
Memilih
Memulai
Menyelesaikan
|
Memadukan
Membedakan
Mengstruktur
Memfokuskan
Menata
Menetapkan
sifat/ciri
Mengatribusi
Mengorganisasi
Mengurai
Menyeleksi
Mengoreksi
Membangunkan
|
Memonitor
Mengecek
Mengkoordinasikan
Menguji
Membenarkan
Menyalahkan
|
Memunculkan
Menemukan
Menghasilkan karya
Mengingatkan
Mengkombinasikan
MengusulkanHipotesis
Memperbaharui
Menyempurnakan
Memperkuat
Memperindah
Mengubah
Membuat
Mengkonstruksi
|
Mendefinisikan
Mengetahui
Mengingat
Mengulangi
Menggarisbawahi
|
Menunjukkan
Menyatakan
Mengidentifikasi
Mengungkapkan
Mengenal
Menyarankan
Meringkas
|
Mengaplikasikan
Mengkonstruksi
Mendemonstrasikan
Mendramatisasi
Mengerjakan
Mencontohkan
Mengilustrasikan
Menginterpretasikan
Mengorganisasi
Memprediksi
Menjadwalkan
Membelanjakan
Mensketsakan
Menterjemahkan
|
Mengapresiasi
Menghitung
Mengkategorikan
Membandingkan
Mengkontraskan
Mengkritisi
Mendebat
Menentukan
Mendiferensiasi
Mencobakan
Memeriksa
Menginventarisir
Menanyakan
Menghubungkan
|
Mengapresiasi
Menaksir
Mengevaluasi
Meranking
Memperbaiki
Menskor
|
Mengkoleksi
Mengkonstruksi
Memformulasikan
Mengelola
Mengorganisasi
Menemutunjukan
Mempersiapkan
Memproduksi
Mengajukan
|
Taksonomi Bloom
No
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Pengetahuan
|
Kemampuan menyebutkan
atau menjelaskan kembali
Contoh: menyatakan
kebijakan
|
Mendefinisikan, menyusun daftar, menamai,
menyatakan, mengidentifikasikan, mengetahui, menyebutkan, membuat rerangka,
menggaris bawahi, menggambarkan, menjodohkan, memilih
|
2.
|
Pemahaman
|
Kemampuan memahami instruksi/masalah,
menginterpretasikan dan menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri
Contoh : Menuliskan kembali atau merangkum
materi pelajaran
|
Menerangkan, menjelaskan , menguraikan,
membedakan, menginterpretasikan, merumuskan, memperkirakan, meramalkan,
menggeneralisir, menterjemahkan, mengubah, memberi contoh, memperluas,
menyatakan kembali, menganalogikan, merangkum
|
3.
|
Penerapan
|
Kemampuan menggunakan konsep dalam praktek
atau situasi yang baru
Contoh: Menggunakan pedoman/ aturan dalam
menghitung gaji pegawai
|
Menerapkan, mengubah, menghitung,
melengkapi, menemukan. membuktikan, menggunakan, mendemonstrasikan,
memanipulasi, memodifikasi, menyesuaikan, menunjukkan, mengoperasikan,
menyiapkan, menyediakan, menghasilkan.
|
4.
|
Analisa
|
Kemampuan memisahkan konsep kedalam
beberapa komponen untuk memperoleh pemahaman yang lebih luas atas dampak
komponen-komponen terhadap konsep tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisa penyebab meningkatnya
Harga pokok penjualan dalam laporan keuangan dengan memisahkan komponen-
komponennya.
|
Menganalisa, mendiskriminasikan, membuat
skema /diagram, membedakan, membandingkan, mengkontraskan, memisahkan,
membagi, menghubungkan, menunjukan hubungan antara variabel, memilih, memecah
menjadi beberapa bagian, menyisihkan, mempertentangkan
|
5.
|
Sintesa
|
Kemampuan merangkai atau menyusun kembali
komponenkomponen dalam rangka menciptakan arti/pemahaman/ struktur baru.
Contoh: Menyusun kurikulum dengan
mengintegrasikan pendapat dan materi dari beberapa sumber
|
Mengkategorikan mengkombinasikan, mengatur
memodifikasi, mendisain, mengintegrasikan, mengorganisir, mengkompilasi,
mengarang, menciptakan, menyusun kembali, menulis kembali, merancang,
merangkai, merevisi, menghubungkan, merekonstruksi, menyimpulkan, mempolakan
|
6.
|
Evaluasi
|
Kemampuan mengevaluasi dan menilai sesuatu
berdasarkan norma, acuan atau kriteria.
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa
dengan kunci jawaban.
|
Mengkaji ulang, membandingkan,
menyimpulkan, mengkritik, mengkontraskan, mempertentangkan menjustifikasi,
mempertahankan, mengevaluasi, membuktikan, memperhitungkan, menghasilkan,
menyesuaikan, mengkoreksi, melengkapi, menemukan
|
Taksonomi Bloom Revisi
No
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Mengingat
|
Kemampuan menyebutkan kembali informasi / pengetahuan
yang tersimpan dalam ingatan.
Contoh: menyebutkan arti taksonomi.
|
Mendefinisikan, menyusun daftar, menjelaskan,
mengingat, mengenali, menemukan kembali, menyatakan, mengulang, mengurutkan,
menamai, menempatkan, menyebutkan
|
2.
|
Memahami
|
Kemampuan memahami instruksi dan menegaskan
pengertian/makna ide atau konsep yang telah diajarkan baik dalam bentuk
lisan, tertulis, maupun grafik/diagram
Contoh : Merangkum materi yang telah
diajarkan dengan kata-kata sendiri
|
Menerangkan, menjelaskan, menterjemahkan,
menguraikan, mengartikan, menyatakan kembali, menafsirkan, menginterpretasikan,
mendiskusikan, menyeleksi, mendeteksi, melaporkan, menduga, mengelompokkan,
memberi contoh, merangkum menganalogikan, mengubah, memperkirakan
|
3.
|
Menerapkan
|
Kemampuan melakukan sesuatu dan
mengaplikasikan konsep dalam situasi tertentu.
Contoh: Melakukan proses pembayaran gaji
sesuai dengan sistem berlaku.
|
Memilih, menerapkan, melaksanakan, mengubah,
menggunakan, mendemonstrasikan, memodifikasi, menginterpretasikan,
menunjukkan, membuktikan, menggambarkan, mengoperasikan, menjalankan memprogramkan,
mempraktekkan, memulai
|
4.
|
Menganalisis
|
Kemampuan memisahkan konsep kedalam
beberapa komponen dan mnghubungkan satu sama lain untuk memperoleh pemahaman
atas konsep tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisis penyebab meningkatnya
Harga pokok penjualan dalam laporan keuangan dengan memisahkan komponen-
komponennya.
|
Mengkaji ulang, membedakan, membandingkan,
mengkontraskan, memisahkan, menghubungkan, menunjukan hubungan antara
variabel, memecah menjadi beberapa bagian, menyisihkan, menduga, mempertimbangkan
mempertentangkan, menata ulang, mencirikan, mengubah struktur, melakukan
pengetesan, mengintegrasikan, mengorganisir, mengkerangkakan.
|
5.
|
Mengevaluasi/ menilai
|
Kemampuan menetapkan derajat sesuatu
berdasarkan norma, kriteria atau patokan tertentu
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa
dengan kunci jawaban
|
Mengkaji ulang, mempertahankan, menyeleksi,
mempertahankan, mengevaluasi, mendukung, menilai, menjustifikasi, mengecek,
mengkritik, memprediksi, membenarkan, menyalahkan
|
6.
|
Mencipta
|
Kemampuan memadukan unsur-unsur menjadi
sesuatu bentuk baru yang utuh dan koheren, atau membuat sesuatu yang orisinil.
Contoh: Membuat kurikulum dengan mengintegrasikan
pendapat dan materi dari beberapa sumber
|
Merakit, merancang, menemukan, menciptakan,
memperoleh, mengembangkan, memformulasikan, membangun, membentuk, melengkapi,
membuat, menyempurnakan, melakukan inovasi, mendisain, menghasilkan karya
|
Menirukan P1
|
Memanipulasi P2
|
|
Pengalamiahan P3
|
Artikulasi P4
|
|
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
|
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
|
|
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus
|
Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Mensketsa
Melonggarkan
Menimbang
|
|
Taksonomi
Psikomotor “Dave”
P1
Imitasi
|
P2
Manipulasi
|
P3
Presisi
|
P4
Artikulasi
|
P5
Naturalisasi
|
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
mematuhi
|
Kembali membuat
Membangun
Melakukan
Melaksanakan
Menerapkan
|
Menunjukan
Melengkapi
Menyempurnakan
Mengkalibrasi
Mengendalikan
|
Membangun
Mengatasi
Menggabungkan
Mengintegrasikan
Meng-adaptasi
Mengembangkan
Merumuskan
Memodifikasi
|
Mendesain
Menentukan
Mengelola
|
Meniru
|
Menciptakan kembali
Menunjukan
Mengimplementasikan
|
Mendemonstrasikan
Mengontrol
|
Mengkonstruksikan
Memecahkan
Mengkombinasikan
Mengkoordinasikan
Memformulasi
|
Merancang
Menspesifikasi
|
Domain
Psikomotor “Dave”
|
||||
|
Kategori
|
Deskripsi
Perilaku
|
Contoh
Aktivitas yang diukur
|
Kata Kerja
|
1
|
Imitasi (Imitation)
|
Meniru tindakan dari yang
ditunjukkan orang lain: mengamati kemudian mereplikasi
|
Mengamati guru atau pelatih kemudian
menirukannya: aktivitas proses.
|
Meniru, mengikuti, mereplikasi,
mengulangi,
|
2
|
Manipulasi (Manipulation)
|
Mereproduksi aktivitas dari pelatih
atau ingatannya
|
Melakukan tugas dari instruksi
tertulis atau verbal
|
Menciptakan kembali, membangun, menunjukkan, melaksanakan,
mengimplementasikan
|
3
|
Presisi (Precision)
|
Melakukan keterampilan tanpa bantuan
orang lain
|
Mempertunjukkan keahlian
melaksanakan tugas atau aktivitas tanpa bantuan atau instruksi, mampu
menunjukkan aktivitas pada siswa lain.
|
Mendemonstrasikan, melengkapi,
mempertunjukkan, menyempurnakan, mengkalibrasi, mengontrol.
|
4
|
Artikulasi (Articulation)
|
Mengadaptasi dan mengintegrasikan
keahlian
|
Mengaitkan dan mengkombinasikan aktivitas untuk
mengembangkan metoda
|
Mengkonstruksikan, memecahkan,
mengkombinasikan, mengkoordinasikan, mengintgrasikan, mengadaptasi,
mengembangkan, memformulasi
|
5
|
Naturalisasi (Naturalization)
|
Melkukan aktivitas secara terkait
dengan tingkat keterampilan yang telah dimiliki
|
Mendefinisika tujuan, pendekatan dan
strategi untuk melakukan aktivitas untuk keperluan
|
Merancang, menspesifkasi, mengelola,
|
|
|
|
|
|
Domain Psikomotor “Simpson”
No.
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Persepsi
|
Kemampuan menggunakan saraf sensori dalam
menginterpretasikan nya dalam memperkirakan sesuatu
Contoh: menurunkan suhu AC saat merasa suhu
ruangan panas
|
Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih,
menghubungkan, menggambarkan, mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan
menyeleksi.
|
2.
|
Kesiapan
|
Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik
mental, fisik, dan emosi, dalam menghadapi sesuatu.
Contoh: melakukan pekerjaan sesuai urutan,
menerima kelebihan dan kekurangan seseorang.
|
Memulai, mengawali, memprakarsai, membantu,
memperlihatkan mempersiapkan diri, menunjukkan, mendemonstrasikan
|
3.
|
Reaksi yang diarahkan”
|
Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks
dengan bantuan / bimbingan dengan meniru dan uji coba.
Contoh: Mengikuti arahan dari instruktur.
|
Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba,
mempraktekkan, mengerjakan, membuat, memperlihatkan, memasang, bereaksi,
menanggapi.
|
4.
|
Reaksi natural (mekanisme)
|
Kemampuan untuk melakukan kegiatan pada
tingkat ketrampilan tahap yang lebih sulit. Melalui tahap ini diharapkan
siswa akan terbiasa melakukan tugas rutinnya.
Contoh: menggunakan computer
|
Mengoperasikan, membangun, memasang,
membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan,
menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam,
menangani.
|
5.
|
Reaksi yang kompleks
|
Kemampuan untuk melakukan kemahirannya
dalam melakukan sesuatu, dimana hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan,
efsiensi dan efektivitasnya. Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar,
cepat, tanpa ragu.
Contoh: Keahlian bermain piano
|
Mengoperasikan, membangun, memasang,
membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan,
merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam,
menangani, mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur
|
6.
|
Adaptasi
|
Kemampuan mengembangkan keahlian, dan
memodifikasi pola sesuai dengan yang dbutuhkan, Contoh: Melakukan perubahan
secara cepat dan tepat terhadap kejadian tak terduga tanpa merusak pola yang
ada
|
Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan,
merevisi, mengatur kembali, merancang kembali, memodifikasi
|
7.
|
Kreativitas
|
Kemampuan untuk menciptakan pola baru yang
sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan juga kemampuan mengatasi masalah
dengan mengeksplorasi kreativitas diri.
Contoh: membuat formula baru, inovasi,
produk baru
|
Merancang, membangun, menciptakan,
mendisain, memprakarsai, mengkombinasikan, membuat, menjadi pioneer
|
No comments:
Post a Comment
Komentar