RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah :
SMKN 5 Ciamis
Mata Pelajaran :
Produksi pengolahan hasil nabati
Komp.
Keahlian : Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
Kelas/Semester :
XI/ Ganjil (3)
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu :
51 JP x 45 menit ( 6 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti *)
1. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis
Pengolahan Hasil Pertanian pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
2. Keterampilan
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kerja Agribisnis
Pengolahan Hasil Pertanian. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar *)
1. KD pada KI pengetahuan
3.6.Mengidentifikasi sayuran
segar untuk satuan produksi
3.7. Menganalisis kebutuhan alat
serta cara penggunaannya
3.8. Menerapkan proses fermentasi
sayuran
3.9. Menerapkan pengolahan hasil sayuran
2. KD pada KI keterampilan
4.6 Menunjukkan sayuran segar
untuk satuan produksi
4.7 Menentukan kebutuhan alat
serta penggunaannya
4.8 Melakukan fermentasi sayuran
4.9 Memproduksi olahan hasil sayuran
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI pengetahuan
a.
Menjelaskan pengertian
sayuran segar
b.
Menjelaskan ciri-ciri sayuran
segar untuk produksi
c. Menjelaskan jenis alat dan fungsinya yang
diperlukan untuk pengolahan sayuran
d.
Menjelaskan cara
penggunaan alat pengolahan sayuran
e.
Menjelaskan tentang fermentasi
pada sayuran (pemotongan, pengirisan, penggilingan
f. Menjelaskan langkah kerja pengolahan sayuran
g.
Menjelaskan bahan yang
digunakan dalam pengolahan sayuran
h. Melakukan
pengolahan sayuran
2. Indikator KD pada KI keterampilan
a. Mengikuti
(Meniru) menunjukkan sayuran segar untuk
satuan produksi
b. Mendemonstrasikan
sayuran segar untuk satuan produksi berdasarkan
tugas
c. Menentukan
kebutuhan alat pengolahan sayuran
d. Meniru
melakukan fermentasi pada sayuran
e. Mendemonstrasikan
fermentasi pada sayuran
f. Melakukan
produksi olahan sayuran
D. Tujuan Pembelajaran
3.1. aspek pengetahuan
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
a. Menjelaskan pengertian sayuran segar
b. Menjelaskan ciri-ciri sayuran segar
c.
Menjelaskan jenis alat dan fungsinya untuk pengolahan sayuran
d. Menjelaskan cara penggunaan alat pengolahan sayuran
e. Menjelaskan tentang pemotongan sayuran
f.
Menjelaskan pengirisan sayuran
g. Menjelaskan penggilingan sayuran
h. Menjelaskan langkah kerja pengolahan sayuran
i.
Menjelaskan bahan yang
digunakan dalam pengolahan sayuran
j. Melakukan
pengolahan sayuran
4.1. aspek keterampilan
a. Disediakan
peralatan dan bahan, peserta didik dapat menujukkan sayuran segar untuk satuan
produksi
b. Disediakan
peralatan dan bahan, peserta didik dapat mendemonstrasikan sayuran segar untuk
satuan produksi tugas sesuai prosedur dengan percaya diri
c. Disediakan
peralatan, peserta didik dapat menentukan kebutuhan alat pengolahan sayuran
d. Disediakan
alat dan bahan, peserta didik dapat meniru fermentasi pada sayuran
e. Disediakan
alat dan bahanpeserta didik dapat mendemonstrasikan fermentasi sayuran
E. Disediakan
alat dan bahan peserta didik dapat memproduksi olahan sayuran Materi Pembelajaran
Mengidentifikasi sayuran segar
Kebutuhan alat untuk pengolahan sayuran
Fermentasi pada pengolahan sayuran
Pengolahan sayuran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran terlampir)
F. Model dan Metode
Model Discovery Learning
Metode Diskusi
G. Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (60 menit)
§ Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa
dengan menyapa dan memberi salam.
§ Guru
menyiapkan siswa, berdoa dan absensi..
§ Guru
memberikan informasi materi yang akan di bahas yaitu fermentasi dan bertanya kepada siswa
seberapa pentingnya fermentasi bahan sebelum di proses lebih lanjut untuk
memotivasi siswa.
§ Guru menunjukkan
atau mendemonstrasikan sesuatu
terkait dengan materi pembelajaran yang akan dibahas
b. Kegiatan Inti (2255 menit)
Mengamati
·
Guru meminta siswa untuk melihat
berbagai jenis Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran melalui
bahan tayangan.
·
Guru menugaskan siswa membaca buku
untuk meng identifikasi tentang Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa melihat bahan tayang yang
disajikan oleh Guru.
·
Siswa membaca buku berkaitan dengan
berbagai Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa berdiskusi tentang Sayuran
segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa mengidentifikasi Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran dari hasil diskusi dan buku.
·
Siswa menentukan Sayuran segar,
alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
Menanya
·
Guru menugaskan siswa untuk
menentukan masalah utama dalam Sayuran
segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa mengidentifikasi masalah –
masalah dalam Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa membaca buku untuk mendapatkan
informasi tentang Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa mendiskusikan tentang Sayuran
segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Berdasarkan hasil membaca buku dan
diskusi siswa merumuskan hal-hal apa
saja yang harus diperhatikan dalam Sayuran segar, alat, fermentasi dan
pengolahan sayuran
·
Guru meminta siswa untuk menentukan
cara Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran di buku siswa dan hasil diskusi
·
Siswa menggali informasi prosedur
tentang Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa mendiskusikan untuk menentukan
prosedur dalam Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa menyampaikan pada kelompok
lain dan menanggapinya berkaitan
prosedur dalam Sayuran segar,
alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
Pengumpulan data
·
Guru meminta siswa untuk mencoba
melakukan Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran sebagai
pembuktian rumusan masalah/hipotesis
·
Siswa mencoba melakukan Sayuran
segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran seperti contoh sebagai
pembuktian rumusan masalah/hipotesis
Pembuktian
·
Guru menugaskan siswa untuk menilai Sayuran segar, alat, fermentasi dan
pengolahan sayuran menggunakan format penilaian.
·
Siswa menilai Sayuran segar, alat, fermentasi
dan pengolahan sayuran
Menarik kesimpulan
·
Guru menugaskan siswa untuk
menyajikan kesimpulan tentang Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa membuat bahan presentasi
tentang Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran dalam bentuk
power point
·
Siswa menyajikan tentang Sayuran
segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
·
Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi.
·
Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru.
·
Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan Sayuran segar, alat, fermentasi dan pengolahan sayuran
c.
Penutup (60 menit),
§
Guru
meminta siswa untuk merapihkan semua peralatan dan bahan praktik ke tempat
semula.
§
Siswa
secara bersama-sama merapihkan tempat praktik
§
Siswa
menanyakan hal-hal yang masih ragu.
§
Guru
membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi
menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
§
Siswa
menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
§
Melaksanakan
evaluasi.
§
Guru
memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya
§
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
Pertemuan
ke satu
Materi
; identifikasi sayuran segar dan menganalisis kebutuhan alat serta fungsinya
Pertemuan ke dua
Materi
; fermentasi dan pengolahan sayuran menjadi pickle sayuran
Pertemuan
ke tiga
Materi
; pengolahan sayuran menjadi saus tomat
Pertemuan
ke empat
Materi;
pengolahan sayuran menjadi keripik sayuran
Pertemuan
ke lima
Materi;
pengolahan sayuran menjadi keripik sayuran
Pertemuan
ke enam
Materi
; melakukan analisis usaha pengolahan sayuran
H. Media,
Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media : LCD,
laptop, bahan tayang, power point
2. Alat :
sarung tangan, alat ukur, pisau, baskom, blender,
3. Bahan : sayuran,
gula, asam sitrat, agar-agar, tepung ketan, dll
4. Sumber Belajar :
buku manual, job sheet, lembar informasi
I.
Penilaian
Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
Tes
tulis, penugasan, tes unjuk kerja
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian pengetahuan
Kompetensi Dasar
|
Indikator (IPK)
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
Butir Soal
|
||
3.2.Mengidentifikasi
sayuran segar untuk satuan produksi
3.3.
Menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
3.4.
Menerapkan proses fermentasi sayuran
3.5.
Menerapkan pengolahan hasil sayuran-sayuranan
|
a.
Menjelaskan pengertian sayuran segar
b.
Menjelaskan ciri-ciri sayuran segar untuk produksi
c. Menjelaskan jenis alat dan fungsinya
yang diperlukan untuk pengolahan sayuran
d.
Menjelaskan cara penggunaan alat pengolahan sayuran
e.
Menjelaskan tentang pengencilan ukuran pada sayuran
(pemotongan, pengirisan, penggilingan
f.
Menjelaskan langkah kerja pengolahan sayuran
g.
Menjelaskan bahan yang digunakan dalam pengolahan sayuran
h.
Melakukan pengolahan sayuran
|
· Pengolahan hasil sayuran-sayuranan
|
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian sayuran segar
2.
Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri sayuran segar untuk produksi
3.
Siswa
dapat menjelaskan jenis alat dan fungsinya untuk pengolahan sayuran
4.
Siswa
dapat menjelaskan cara penggunaan alat pengolahan sayuran
5.
Siswa
dapat menjelaskan tentang fermentasi pada pengolahan sayuran
6.
Siswa
dapat menjelaskan langkah kerja pengolahan sayuran
7.
Menjelaskan
bahan bahan yang digunakan pada pengolahan sayuran
|
Tes tulis
|
1.
Jelaskan
pengertian sayuran segar ?
2.
Jelaskan
ciri-ciri sayuran segar?
3.
Jelaskan
jenis dan fungsinya alat untuk
pengolahan sayuran
4.
Jelaskan
cara penggunaan alat tersebut
5.
Jelaskan
proses fermentasi yang terjadi saat pengolahan sayuran
6.
Jelaskan
bahan-bahan yang digunakan pada pengolahan sayuran
7.
Jelaskan langkah kerja pengolahan selai sayuran
|
||
Kunci Jawaban Soal:
1. Sayuran segar adalah sayuran yang baru dipetik dari
pohon sehingga kandungan air sayuran masih tinggi.
2. Ciri-ciri sayuran segar; penampakan segar, tidak
keriput, kandungan air masih tinggi
3. Alat pengolahan sayuran antara lain;
1.
Timbangan
untuk menimbang bahan
2.
Blender
untuk menghancurkan sayuran
3.
Pissau
untuk mengupas dan memotong sayuran
4. Prosedur penggunaan blender; colokan kabel alat ke
listrik, pasang blender pada mesinnya , posisikan alat ke on, posisi di gigi
1, naikkan gigi secara berurutan, bila telah selesai matikan, buka tutup
blender
5. Fermentasi pada sayuran dimulai oleh spesies Leuconostoc mesentroides yang terdapat
secara alami pada permukaan bidang sayatan atau luka pada sayuran. Fruktosa direduksi menjadi mannitol yang
mudah difermentasi dari pada glukosa.
Pentosa, arabinosa dan silosa difermentasi menjadi asam laktat dan
asam asetat. Kombinasi dari asam
organik dan alkohol yang dihasilkan berperan membentuk ester-ester yang
menghasilkan cita rasa khas.
Bakteri asam laktat lainnya yang berperan pada
fermentasi sayuran adalah Lactobacilus
brevis, Lactobacilus plantarum, dan terkadang Pediococcus cerevisiae.
Pada kadar garam terlalu tinggi ditemukan
Streptococcus faecalis
6. Langkah kerja pengolahan pickle sayuran timun;
a.
Sortasi
sayuran /timun
b.
Cuci
bersih
c.
Siapkan
larutan garam 5%
d.
Masukkan
timun ke dalam gelas/toples yang telah disterilkan 9direbus 30 menit)
e.
Tuangkan
larutan garam ke dalam toples yang berisi ketimun
f.
Sisakan
sedikit ruang kosong
g.
Tutup
toples dengan rapat
h.
Fermentasi
pada suhu kamar selama 1 minggu
i.
Bila
pada larutan garam terdapat endapan/lendir, pisahkan lendir dengan di saring.
Jika larutan garam berwarna hitam ganti dengan yang baru ditambah cuka 2%.
j.
Masukan
kembali larutan garam, tutup rapat.
k.
Pasteurisasi
pada suhu 70-80oC selama 15 menit, segera dinginkan dengan cepat setelah
pasteurisasi selesai.
l.
Pickle
bisa disimpan atau dikonsumsi
7. Bahan bahan pickle timun
a.
Sayuran
timun 500 gr
b.
Larutan
garam 5%
c.
Larutan
asam cuka 2%
|
|||||||
Penskoran Jawaban
dan Pengolahan Nilai
Nilai 4 : jika Jawaban sesuai kunci jawaban dan ada
pengembangan
Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban
Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci
jawaban
Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci
jawaban
|
|||||||
Contoh Pengolahan Nilai
|
|||||||
IPK
|
No Soal
|
Skor
Penilaian 1
|
Nilai
|
||||
1.
|
1
|
3
|
Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai
IPK
(18/24) * 100 = 75
|
||||
2.
|
2
|
3
|
|||||
3
|
4
|
||||||
4
|
3
|
||||||
5
|
3
|
||||||
6
|
2
|
||||||
Jumlah
|
18
|
||||||
b.
Penilain keterampilan
No
|
Komponen/ Sub Komponen
Penilaian
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Persiapan Kerja
|
||
a. Penggunaan
alat dan bahan
|
Penggunaan alat dan bahan sesuai prosedur
|
91 - 100
|
|
Penggunaan alat dan bahan kurang sesuai prosedur
|
80 - 90
|
||
Penggunaan alat dan bahan tidak sesuai prosedur
|
70 - 79
|
||
b. Ketersediaan
alat dan bahan
|
Ketersediaan alat dan bahan lengkap
|
91 - 100
|
|
Ketersediaan alat dan bahan cukup lengkap
|
80 - 90
|
||
Ketersediaan alat dan bahan kurang lengkap
|
70 - 79
|
||
2
|
Proses dan Hasil Kerja
|
||
a. Kemampuan
mengolah
|
Kemampuan pengolahan baik
|
91 - 100
|
|
Kemampuan pengolahan cukup
|
80 - 90
|
||
Kemampuan pengolahan
kurang
|
70 - 79
|
||
b. Hasil
|
Hasil pengolahan tepat
|
91 - 100
|
|
Hasil pengolahan cukup
tepat
|
80 - 90
|
||
Hasil pengolahan
kurang tepat
|
70 - 79
|
||
3
|
Sikap kerja
|
||
a. Keterampilan
dalam bekerja
|
Bekerja dengan
terampil
|
91 -100
|
|
Bekerja dengan cukup
terampil
|
80 - 90
|
||
Bekerja dengan kurang
terampil
|
70 - 79
|
||
b. Kedisiplinan
dalam bekerja
|
Bekerja dengan
disiplin
|
91 - 100
|
|
Bekerja dengan cukup
disiplin
|
80 - 90
|
||
Bekerja dengan kurang
disiplin
|
70 - 79
|
||
c. Tanggung jawab
dalam bekerja
|
Bertanggung jawab
|
91 - 100
|
|
Cukup bertanggung
jawab
|
80 - 90
|
||
Kurang bertanggung
jawab
|
70 - 79
|
||
d. Konsentrasi
dalam bekerja
|
Bekerja dengan
konsentrasi
|
91 - 100
|
|
Bekerja dengan cukup
konsentrasi
|
80 - 90
|
||
Bekerja dengan kurang
konsentrasi
|
70 - 79
|
||
4
|
Waktu
|
||
Penyelesaian pekerjaan
|
Selesai sebelum waktu
berakhir
|
91 - 100
|
|
Selesai tepat waktu
|
80 - 90
|
||
Selesai setelah waktu
berakhir
|
70 - 79
|
Lembar
Penilaian Praktik
Kompetensi Keahlian :
Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
Mata Pelajaran : Pengolahan Nabati
Acara Praktik : Pembuatan Pickle timun
Alokasi Waktu : 6 jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan
Nomor Peserta :
Nama Peserta :
No
|
Komponen/Subkomponen Penilaian
|
Pencapaian Kompetensi
|
|||
Tidak
|
Ya
|
||||
7,0-7,9
|
8,0-8,9
|
9,0-10
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
I
|
Persiapan
Kerja
|
||||
1.1.
Menuliskan formula pembuatan pickle sayuran
|
|||||
1.2.
Menuliskan cara kerja pembuatan pickle
|
|||||
1.3.
Mengidentifikasi dan menyiapkan peralatan produksi sesuai kebutuhan
|
|||||
Skor Komponen :
|
|||||
II
|
Proses
(Sistematika & Cara Kerja)
|
||||
2.1.
Pembuatan pickle Sayuran
|
|||||
2.1.1. Memilih dan
menangani bahan baku untuk proses
produksi.
|
|||||
2.1.2. Membersihkan sayuran
dari bagian yang tidak dikehendaki
|
|||||
2.1.3. Membuat larutan
garam 5%
|
|||||
2.1.4. Melakukan
penimbangan bahan utama dan bahan pembantu
|
|||||
2.1.5. Membuat
larutan cuka 2%
|
|||||
2.1.6. Melakukan
fermentasi
|
|||||
2.1.7. Menghentikan proses fermentasi
|
|||||
2.1.8. Mengemas pickle sayuran sesuai
spesifikasi yang ditentukan.
|
|||||
2.1.9. Menghitung biaya
produksi
|
|||||
Skor Komponen :
|
|||||
III
|
Hasil
Kerja
|
||||
3.1. Menghasilkan pickle sayuran dengan kriteria
yang telah ditentukan
|
|||||
Skor Komponen :
|
|||||
IV
|
Sikap
Kerja
|
||||
4.1.
Sikap kerja
|
|||||
4.2.
Keselamatan kerja
|
|||||
Skor Komponen :
|
|||||
V
|
Waktu
|
||||
5.1. Kedatangan di
tempat ujian
|
|||||
5.2.
Tepat waktu penyelesaian praktik
|
|||||
Skor Komponen :
|
Perhitungan
nilai praktik (NP) :
Prosentase
Bobot Komponen Penilaian
|
Nilai Praktik
(NP)
|
|||||
Persiapan
|
Proses
|
Sikap Kerja
|
Hasil
|
Waktu
|
∑ NK
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Bobot (%)
|
10
|
50
|
5
|
25
|
10
|
|
Skor
Komponen
|
||||||
NK
|
Penila
.......................
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
PROGRAM REMIDIAL/ PENGAYAAN
Mata Pelajaran :
Produksi pengolahan hasil
nabati
Kelas/ Semester : XI/ 3
Kompetensi Inti : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis
Pengolahan Hasil Pertanianpada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional
Kompetensi Dasar : 3.2.Mengidentifikasi sayuran segar untuk satuan produksi
3.3.
Menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
3.4.
Menerapkan proses fermentasi sayuran
3.5. Menerapkan pengolahan hasil sayuran
Indikator :
a.
Menjelaskan pengertian sayuran segar
b.
Menjelaskan ciri-ciri sayuran segar untuk produksi
c. Menjelaskan jenis alat dan
fungsinya yang diperlukan untuk pengolahan sayuran
d.
Menjelaskan cara penggunaan alat pengolahan sayuran
e.
Menjelaskan tentang fermentasi pada sayuran
f.
Menjelaskan langkah kerja pengolahan sayuran
g.
Menjelaskan bahan yang digunakan dalam pengolahan sayuran
h.
Melakukan pengolahan sayuran
Laporan nilai setelah
Remidial/Pengayaan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No comments:
Post a Comment
Komentar