Thursday 23 August 2018

contoh Kompetensi dasar, ipk, indikator dan tujuan dan materi pembelajaran teknik pengendalian mutu


KI Program Pendidikan 3 Tahun
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanianpada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Kompetensi Dasar
IPK
Tujuan Pembelajaran
Materi Pembelajaran
3.1. Memahami teknik pengendalian mutu
·   Pengertian mutu dan kualitas
·   Unsur-unsur mutu
·   Faktor yang mempengaruhi mutu
·   Faktor penyebab penurunan mutu
·   Cara mempertahan kan mutu
a.  menjelaskan pengertian mutu dan kualitas
b.  menjelaskan unsur-unsur mutu
c.   menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu
d.  menjelaskan faktor yang menyebabkan penurunan mutu
e.  menjelaskan cara-cara mempertahankan mutu
Teknik pengendalian mutu

·    

·  

4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
IPK
Tujuan Pembelajaran
Materi Pembelajaran
4.1.  Mengemukakan teknik pengendalian mutu
·   Mengikuti (Meniru)  teknik pengendalian mutu sesuai contoh
· Disediakan peralatan dan bahan pengendalian mutu, peserta didik dapat meniru pengendalian mutu berdasarkan contoh dengan percaya diri
·   Mendemon trasikan teknik pengendalian mutu

·   Mendemonstrasi kan teknik pengendalian mutu berdasarkan tugas
· Disediakan peralatan dan bahan, peserta didik dapat mendemonstrasikan teknik pengendalian mutu berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri

No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...