Thursday 23 August 2018

contoh analisis SKL, KI, KD dasar pengendalian mutu hasil pertanian


Analisis keterkaitan antara SKL, KI dan KD
Mata Pelajaran :  Dasar pengendalian mutu hasil pertanian
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
1
2
3
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanianpada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan 3 tahun
KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Penanganan bahan hasil pertanian pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian  (3 Tahun)

Keterangan pengisian kolom sbb:
1.     Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3) berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
2.     Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4) berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
3.     Analisis: KI-3 dan KI-4 mata pelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun / 4 tahun (pilih salah satu)
Rekomendasi: sesuai / tidak sesuai tingkat program pendidikan (pilih salah satu), jika tidak sesuai cantumkan KI yang sesuai tingkat program pendidikan.  
Mata Pelajaran: Dasar pengendalian mutu hasil pertanian

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
(KD-3)
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
(KD-4)
Analisis KD-3
Rekomendasi KD-3
Analisis KD-4
Rekomendasi KD-4
Rekomendasi KD-KD pada Mapel
Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi
Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
·      Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran
·      Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
3.1. Memahami teknik pengendalian mutu
4.1. Mengemukakan teknik pengendalian mutu
Tingkat dimensi kognitif adalah Memahami (C2), dan teknik pengendalian mutu  adalah bentuk pengetahuan Konseptual
Memahami (C2), sesuai dipasangkan dengan teknik pengendalian mutu (konseptual)
Mengemukakan (menunjukan) adalah ketrampilan konkret, tingkat manipulasi
KD-3 Memaha mi (C2) setara dengan meniru (P1), sedang kan KD-4 Mengemukakan (P2). Hal ini masih dalam batas kesetaraan,
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanianpada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
3.2.      Menerapkan K3LH
4.2. Melaksanakan K3LH
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3), dan K3LH adlah bentuk pengetahuan prosedural
Menerapkan (C3) sesuai dipasangkan dengan K3LH (prosedural)
Melaksanakan adalah keterampilan konkret, tingkat Manipulasi (P2) (dove)
KD-3 Menerapkan (C3) setara dengan manipulasi (P2), sedang kan KD-4 Melaksanakan (P2). Hal ini masih dalam batas kesetaraan,
3.3.   Mengidentifikasi peralatan laboratorium dasar mutu
4.3. Merinci peralatan laboratorium dasar mutu
Tingkat dimensi kognitif adalah mengidentifikasi (C2), dan peralatan laboratorium adalah bentuk pengetahuan konseptual
Mengidentifikasi (C2) sesuai dipasangkan dengan peralatan laboratorium (konseptual)
Merinci adalah keterampilan konkret, tingkat manipulasi
Mengidentifikasi (C2) setara dengan manipulasi  (P2), sedangkan KD 4 merinci (P2,). Hal ini masih dalam batas kesetaraan,
3.4. Menganalisis kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
4.4 Menunjukkan kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisis (C4), dan kebutuhan peralatan adalah bentuk pengetahuan metakognitif
Menganalisis (C4) sesuai dipasangkan dengan kebutuhan peralatan (metakognitif)
Menunjukkan adalah keterampilan konkret, tingkat presisi (dove)
Menganalisis (C4) setara dengan presisi (P3), sedangkan menunjukkan adalah presisi (P3)

3.5  Mengevaluasi peralatan laboratorium dasar mutu
4.5  Menetapkan peralatan laboratorium dasar mutu
Tingkat dimensi kognitif adalah mengevaluasi (C5), dan peralatan laboratorium bentuk pengetahuan metakognitif
Mengevaluasi (C5) sesuai di pasangkan dengan peralatan laboratorium (metakognitif)
Menetapkan (menggunakan) adalah  keterampilan konkret, tingkat artikulasi
Mengevaluasi (C5) setara dengan artikulasi ( P4), sedangkan menetapkan (P4)
3.6  Menerapkan SOP kalibrasi peralatan
4.6  Mengkalibrasi peralatan
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3), dan SOP adlah bentuk pengetahuan prosedural
Menerapkan (C3) sesuai dipasangkan dengan SOP (prosedural)
Mengkalibrasi  adalah  keterampilan konkret, tingkat Presisi (P3)
Menerapkan (C3) setara dengan presisi  ( P3), sedangkan mengkalibrasi  (P3)
3.7  Menerapkan teknik kerja aseptis
4.7  Melaksanakan teknik kerja aseptis
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3), dan teknik kerja aseptis adlah bentuk pengetahuan prosedural
Menerapkan (C3) sesuai dipasangkan dengan teknik kerja aseptis (prosedural)
Melaksanakan adalah keterampilan konkret, tingkat Manipulasi (P2) (dove)
Menerapkan (C3) setara dengan pengalamiahan (P3), sedangkan melaksanakan (P2)
KD 4 perlu ditingkatkan menjadi P3 (presisi)
Keterangan pengisian kolom sbb:
1.     Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD-3) sesuai mata pelajaran
2.     Kompetensi Dasar Keterampilan (KD-4) sesuai mata pelajaran
3.     Tentukan tingkat Dimensi Kognitif: memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), atau mengevaluasi (C5),
dan Bentuk Dimensi Pengetahuan:faktual, Konseptual, prosedural atau metakognitif
4.     Tuliskan rekomendasi tingkat taksonomi (kata kerja operasional) dan pengetahuan (materi) yang sesuai tingkatannya untuk KD yang bersangkutan
5.     Tentukan bentuk taksonomi: abstrak atau konkret.
dan tingkat taksonomi: (mengolah, menalar, menyaji) atau (imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi)
6.     Tuliskan rekomendasi KD dari KI-3 (KKO dg levelnya) yang setara untuk menunjang KD dari KI-4 pasangannya.
7.     Tuliskan rekomendasi diantara KD-3 dari KD-KD pengetahuan mata pelajaran yang harus mencapai tingkat taksonomi (KKO)tertinggi sesuai KI-3,
dan Tuliskan rekomendasi diantara KD-4 dari KD-KD keterampilan mata pelajaran yang harus mencapai tingkat taksonomi (KKO)tertinggi sesuai KI-4 .


No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...