Analisis keterkaitan
antara SKL, KI dan KD
Mata Pelajaran : Dasar pengendalian mutu hasil pertanian
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
ANALISIS DAN
REKOMENDASI KI
|
1
|
2
|
3
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanianpada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Pengolahan Hasil
Pertanian. Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KI-3
pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan 3 tahun
KI-3 dan KI-4 tersebut
sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Penanganan bahan hasil pertanian pada
Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (3 Tahun)
|
Keterangan pengisian
kolom sbb:
1. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3)
berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
2. Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4)
berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
3. Analisis: KI-3 dan KI-4 mata
pelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun / 4 tahun (pilih salah satu)
Rekomendasi:
sesuai / tidak sesuai tingkat program pendidikan (pilih salah satu), jika tidak
sesuai cantumkan KI yang sesuai tingkat program pendidikan.
Mata
Pelajaran: Dasar pengendalian mutu hasil pertanian
KOMPETENSI DASAR
PENGETAHUAN
(KD-3)
|
KOMPETENSI DASAR
KETERAMPILAN
(KD-4)
|
Analisis KD-3
|
Rekomendasi KD-3
|
Analisis KD-4
|
Rekomendasi KD-4
|
Rekomendasi KD-KD pada Mapel
|
Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi
Pengetahuan
|
Kesesuaian Dimensi
Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
|
Bentuk Taksonomi dan
Tingkat Taksonomi
|
Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
|
· Ketercapaian Dimensi
Kognitif dan Bentuk
Pengetahuan
semua KD-3 dalam Mata Pelajaran
·
Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1. Memahami teknik pengendalian mutu
|
4.1.
Mengemukakan teknik pengendalian mutu
|
Tingkat
dimensi kognitif adalah Memahami (C2), dan
teknik pengendalian mutu adalah bentuk pengetahuan Konseptual
|
Memahami (C2),
sesuai dipasangkan dengan teknik pengendalian mutu (konseptual)
|
Mengemukakan (menunjukan) adalah ketrampilan
konkret, tingkat manipulasi
|
KD-3 Memaha
mi (C2) setara dengan meniru (P1), sedang kan KD-4 Mengemukakan (P2). Hal
ini masih dalam batas kesetaraan,
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanianpada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional.
|
3.2.
Menerapkan K3LH
|
4.2. Melaksanakan K3LH
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan
(C3), dan K3LH adlah bentuk pengetahuan prosedural
|
Menerapkan (C3) sesuai dipasangkan dengan
K3LH (prosedural)
|
Melaksanakan adalah keterampilan konkret,
tingkat Manipulasi (P2) (dove)
|
KD-3 Menerapkan (C3) setara dengan manipulasi (P2),
sedang kan KD-4 Melaksanakan (P2). Hal ini masih dalam batas kesetaraan,
|
|
3.3.
Mengidentifikasi peralatan laboratorium dasar mutu
|
4.3. Merinci peralatan laboratorium dasar mutu
|
Tingkat dimensi kognitif adalah
mengidentifikasi (C2), dan peralatan laboratorium adalah bentuk pengetahuan
konseptual
|
Mengidentifikasi (C2) sesuai dipasangkan
dengan peralatan laboratorium (konseptual)
|
Merinci adalah keterampilan konkret,
tingkat manipulasi
|
Mengidentifikasi (C2) setara dengan
manipulasi (P2), sedangkan KD 4 merinci
(P2,). Hal ini
masih dalam batas kesetaraan,
|
|
3.4. Menganalisis kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
|
4.4 Menunjukkan kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
|
Tingkat dimensi kognitif adalah
Menganalisis (C4), dan kebutuhan peralatan adalah bentuk pengetahuan metakognitif
|
Menganalisis (C4) sesuai dipasangkan
dengan kebutuhan peralatan (metakognitif)
|
Menunjukkan adalah keterampilan konkret,
tingkat presisi (dove)
|
Menganalisis (C4) setara dengan presisi (P3),
sedangkan menunjukkan adalah presisi (P3)
|
|
3.5 Mengevaluasi peralatan laboratorium dasar mutu
|
4.5
Menetapkan peralatan laboratorium dasar mutu
|
Tingkat dimensi kognitif adalah
mengevaluasi (C5), dan peralatan laboratorium bentuk pengetahuan metakognitif
|
Mengevaluasi (C5)
sesuai di pasangkan dengan peralatan laboratorium (metakognitif)
|
Menetapkan (menggunakan) adalah keterampilan konkret, tingkat artikulasi
|
Mengevaluasi (C5) setara dengan artikulasi
( P4), sedangkan menetapkan (P4)
|
|
3.6
Menerapkan SOP kalibrasi peralatan
|
4.6 Mengkalibrasi peralatan
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan
(C3), dan SOP adlah bentuk pengetahuan prosedural
|
Menerapkan (C3) sesuai dipasangkan dengan
SOP (prosedural)
|
Mengkalibrasi adalah
keterampilan konkret, tingkat Presisi (P3)
|
Menerapkan (C3) setara dengan presisi ( P3), sedangkan mengkalibrasi (P3)
|
|
3.7 Menerapkan teknik kerja aseptis
|
4.7
Melaksanakan teknik kerja aseptis
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan
(C3), dan teknik kerja aseptis adlah bentuk pengetahuan prosedural
|
Menerapkan (C3) sesuai dipasangkan dengan
teknik kerja aseptis (prosedural)
|
Melaksanakan adalah keterampilan konkret,
tingkat Manipulasi (P2) (dove)
|
Menerapkan (C3) setara dengan
pengalamiahan (P3), sedangkan melaksanakan (P2)
KD 4 perlu ditingkatkan menjadi P3
(presisi)
|
Keterangan pengisian
kolom sbb:
1. Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD-3)
sesuai mata pelajaran
2. Kompetensi Dasar Keterampilan (KD-4) sesuai
mata pelajaran
3. Tentukan
tingkat Dimensi Kognitif: memahami
(C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), atau mengevaluasi (C5),
dan Bentuk Dimensi Pengetahuan:faktual,
Konseptual, prosedural atau metakognitif
4. Tuliskan rekomendasi tingkat taksonomi (kata kerja operasional) dan pengetahuan (materi) yang sesuai tingkatannya untuk KD yang bersangkutan
5. Tentukan bentuk taksonomi: abstrak atau konkret.
dan tingkat taksonomi: (mengolah, menalar, menyaji) atau
(imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi)
6. Tuliskan rekomendasi KD dari KI-3 (KKO dg
levelnya) yang setara untuk menunjang KD dari KI-4
pasangannya.
7. Tuliskan rekomendasi diantara KD-3
dari KD-KD pengetahuan mata pelajaran yang harus mencapai tingkat taksonomi (KKO)tertinggi sesuai KI-3,
dan Tuliskan
rekomendasi diantara KD-4 dari KD-KD keterampilan mata pelajaran yang harus
mencapai tingkat
taksonomi (KKO)tertinggi sesuai KI-4 .
No comments:
Post a Comment
Komentar