Friday 27 July 2018

silabus produksi hasil nabati kelas xi aphp



SILABUS

Nama Sekolah                   :  SMKN 5 Ciamis
Mata Pelajaran                 :  Produksi Pengolahan Hasil Nabati
Kelas/smt                            :  XI/ 3
Tahun Pelajaran               : 2018/2019
Kompetensi :
KI 1   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2  Menghayati perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3  : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
KI 4 : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.







Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber belajar
1.1    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran Produksi Pengolahan Hasil Nabati
Pengendalian mutu bahan baku pengolahan nabati
·         Perlakuan pendahuluan (sortasi, grading, pencucian, pengupasan, blansing)
·         Peralatan pengendalian mutu bahan baku

Mengamati
Mencari informasi tentang:
·         Perlakuan pendahuluan (sortasi, grading, pencucian, pengupasan, blansing)
·         Peralatan pengendalian mutu bahan baku
·          
Menanya
·         Diskusi pengendalian mutu bahan baku pengolahan nabati

Mengeksplorasi/Eksperimen
·      Mengidentifikasi pengendalian mutu bahan baku pengolahan hasil nabati.

Mengasosiasi
·      Menganalisis dan membuat kesimpulan  pengendalian mutu bahan baku pengolahan hasil nabati

Mengkomunikasikan
·         Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  identifikasi pengendalian mutu bahan baku pengolahan hasil nabati
Tugas
Mencari informasi tekn ik konversi bahan hasil pertanian dan perikanan
Observasi
· Ceklist  lembar pengamatan kegiatan praktek pengendalian mutu bahan baku pengolahan hasil nabati
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portofolio
·      Data pengamatan terhadap identifikasi  pengendalian mutu bahan baku pengolahan hasil nabati
·      Laporan hasil identifikasi
·      Bahan presentasi kelompok

Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
10 JP
Referensi yang terkait dengan topik:
·  Pengendalian Mutu
·  Produksi Pengolahan Hasil Nabati
2.1.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  menerapkan pengendalian mutu bahan baku pengolahan nabati


3.1 Menerapkan pengendalian mutu bahan baku pengolahan nabati
4. 1.Mengendalikan mutu bahan baku pengolahan nabati
1.2    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran Produksi Pengolahan Hasil Nabati.
Mengidentifikasi Buah Segar untuk satuan produksi
·         Pengertian Buah Segar
·         Kriteria buah segar
·         Cara Mempertahankan buah segar

Mengamati
Mencari informasi identifikasi buah segar untuk satuan produksi
Menanya
·         Diskusi kelompok tentang identifikasi buah segar untuk satuan produksi

Mengeksplorasi/Eksperimen
·      Mengidentifikasi buah segarr untuk satuan produksi
·      Mempertahankan buah segar

Mengasosiasi
·         Menganalisis dan membuat kesimpulan  identifikasu buah segar untuk satuan produksi


Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  identifikasi
·       Mengidentifikasi buah segarr untuk satuan produksi
·      Mempertahankan buah segar


Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
· Ceklist  lembar pengamatan kegiatan praktek mengidentifikasi buah segar untuk satuan produksi
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portofolio
·      Data pengamatan terhadap identifikasi buah segar untuk satuan produksi
·      Laporan hasil identifikasi
·      Bahan presentasi kelompok

Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
10 JP
Referensi yang terkait dengan topik:
·  Sifat Bahan Hasil Pertanian dan Perikanan
·  Pengetahuan Bahan Hasil Pertanian
·  Prosedur menjaga mutu





2.2.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran mengidentifikasi buah segar untuk satuan produksi

3.2        Mengidentifikasi Buah Segar untuk satuan produksi
4.2 . Menunjukkan buah segar untuk satuan produksi
1.3    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran pengolahan bahan hasil nabati.
Menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
·         Fungsi & bagian alat
·         Cara Mengoperasikan




Mengamati
Mencari informasi cara menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
 Menanya
Diskusi tentang analisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kesimpulan hasil analisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  analisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan

Observasi
·    Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek analisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok

Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
10 JP
Referensi yang terkait dengan topik:
Proses Produksi Hasil Nabati
2.3.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya.
3.3. Menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
4.3. Menentukan kebutuhan alat serta cara penggunaannya 
1.4    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati
Menerapkan proses pengecilan ukuran buah
·         Tujuan pengecilan ukuran
·         Cara pengecilan ukuran
·         Alat pengecilan ukuran

Mengamati
Mencari informasi cara menerapkan proses pengecilan ukuran buah
 Menanya
Diskusi tentang menerapkan proses pengecilan ukuran buah
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek menerapkan proses pengecilan ukuran
Mengasosiasi
Mengevaluasi dan membuat kesimpulan hasil menerapkan proses pengecilan ukuran
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  menerapkan proses pengecilan ukuran
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
·    Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek menerapkan proses pengecilan ukuran
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

10 JP
                Referensi yang terkait dengan topik:
·  Produksi Hasil Nabati
2.4.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  menerapkan proses pengecilan ukuran buah
3.4.      Menerapkan proses pengecilan ukuran buah
4.4. Melakukan pengecilan ukuran buah



1.5    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati.
Menerapkan pengolahan hasil buah-buah
·         Pengenalan alat
·         Prosedur pengolahan
·         Mutu Olahan Hasil





Mengamati
Mencari informasi cara menerapkan pengolahan hasil buah-buahan
 Menanya
Diskusi tentang cara menerapkan pengolahan hasil buah-buahan
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek menerapkan pengolahan hasil buah-buahan
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kesimpulan hasil penerapan pengolahan hasil buah-buahan
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  penerapan pengolahan hasil buah-buahan
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek menerapkan pengolahan hasil buah-buahan
Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
10 JP
Referensi yang terkait dengan topik:
·         Proses Produksi Hasil Nabati


2.5.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  menerapkan pengolahan hasil buah-buahan
3.5. Menerapkan pengolahan hasil buah-buahan
4.5. Memproduksi olahan hasil buah-buahan
1.6    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati
Mengidentifikasi Sayur Segar untuk satuan produksi
·         Pengertian Sayur Segar
·         Kriteria sayur segar
·         Cara Mempertahankan sayur segar

Mengamati
Mencari informasi cara mengidentifikasi sayur segar untuk satuan produksi
 Menanya
Diskusi tentang cara identifikasi sayur segar untuk satuan produksi
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek mengidentifikasi sayur segar untuk satuan produksi
Mengasosiasi
Menerapkan dan membuat kesimpulan hasil identifikasi sayur segar untuk satuan produksi
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  identifikasi sayur segar untuk satuan produksi
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek mengidentifikasi sayur segar untuk satuan produksi
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

10 JP
                Referensi yang terkait dengan topik:
·  Produksi Hasil Nabati
2.6.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  mengidentifikasi sayur segar untuk satuan produksi
3.6 Mengidentifikasi sayur segar untuk satuan produksi
4.6. Menunjukan sayur segar untuk satuan produksi



1.7    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati
Menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
·         Fungsi & bagian alat
·         Cara Mengoperasikan

Mengamati
Mencari informasi cara menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
 Menanya
Diskusi tentang cara menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Mengasosiasi
Menerapkan dan menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  analisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

10 JP
                Referensi yang terkait dengan topik:
·  Produksi Hasil Nabati
2.7.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  .proses menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
3.7. Menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya

4.7 Menentukan kebutuhan alat serta cara penggunaannya



1.8    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati
 Menerapkan proses fermentasi sayuran

·         Prosedur pengolahan fermentasi sayuran
·         Peralatan pengolahan
·         Menghentikan proses fermentasi sayuran
·         Mutu Hasil fermentasi sayuran


Mengamati
Mencari informasi cara menerapkan proses fermentasi sayuran
 Menanya
Diskusi tentang cara menerapkan proses fermentasi sayuran
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek menerapkan proses fermentasi sayuran
Mengasosiasi
Menerapkan dan membuat kesimpulan hasil  menerapkan proses fermentasi sayuran
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  menerapkan proses fermentasi sayuran
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
·    Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek menerapkan proses fermentasi sayuran
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

10 JP
                Referensi yang terkait dengan topik:
·  Produksi Hasil Nabati
2.8.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran menerapkan proses fermentasi sayuran
3.8. Menerapkan proses fermentasi sayuran

4.8 4.8 Mengoperasikan Proses Fermentasi pada Media
Cair



1.9    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati
 Menerapkan pengolahan hasil sayuran

·         Prosedur pengolahan
·         Peralatan pengolahan
·         Menghentikan proses
·         Mutu Hasil pengolahan



Mengamati
Mencari informasi cara menerapkan pengolahan hasil sayuran
 Menanya
Diskusi tentang cara menerapkan pengolahan hasil sayuran
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek menerapkan pengolahan hasil sayuran
Mengasosiasi
Menerapkan dan membuat kesimpulan hasil  menerapkan pengolahan hasil sayuran
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  menerapkan pengolahan hasil sayuran
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
·    Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek menerapkan pengolahan hasil sayuran
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

10 JP
                Referensi yang terkait dengan topik:
·  Produksi Hasil Nabati
2.9.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran menerapkan proses fermentasi sayuran
3.9. Menerapkan pengolahan hasil sayuran

4.8 4.9. Memproduksi olahan sayuran




1.10Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati
Mengidentifikasi umbi-umbian untuk satuan produksi
·         Pengertian umbi-umbian
·         Jenis umbi-umbian
·         Krakteristik umbi-umbian
Mengamati
Mencari informasi cara mengidentifikasi umbi-umbian untuk satuan produksi
 Menanya
Diskusi tentang cara mengidentifikasi umbi-umbian untuk satuan produksi
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek mengidentifikasi umbi-umbian untuk satuan produksi
Mengasosiasi
Menerapkan dan membuat kesimpulan hasil  identifikasi umbi-umbian untuk satuan produksi
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  identifikasi umbi-umbian untuk satuan produksi
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek mengidentifikasi umbi-umbian  untuk satuan produksi
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

10 JP
                Referensi yang terkait dengan topik:
·  Produksi Hasil Nabati
2.10.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran mengidentifikasi umbi-umbian untuk satuan produksi
3.10. Mengidentifikasi umbi-umbian untuk satuan produksi

4.8 4.10. Menunjukkan umbi-umbian untuk satuan produksi



1.11Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati
Menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
·         Fungsi & bagian alat
·         Cara Mengoperasikan

Mengamati
Mencari informasi cara menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
 Menanya
Diskusi tentang cara menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Mengasosiasi
Menerapkan dan membuat kesimpulan hasil  menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

10 JP
                Referensi yang terkait dengan topik:
·  Produksi Hasil Nabati
2.11.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
3.11. Menganalisis kebutuhan alat serta cara penggunaannya
4.8 4.11. Menentukan kebutuhan alat serta cara penggunaannya 



1.12Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati
Menerapkan proses pengecilan ukuran umbi-umbian
·         Tujuan pengecilan ukuran
·         Cara pengecilan ukuran
·         Alat pengecilan ukuran

Mengamati
Mencari informasi cara menerapkan proses pengecilan ukuran umbi-umbian
 Menanya
Diskusi tentang cara menerapkan proses pengecilan ukuran umbi-umbian
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek menerapkan proses pengecilan ukuran umbi-umbian
Mengasosiasi
Menerapkan dan membuat kesimpulan hasil  menerapkan proses pengecilan ukuran umbi-umbian
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  menerapkan proses pengecilan ukuran umbi-umbian
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek menerapkan proses pengecilan ukuran umbi-umbian
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

10 JP
                Referensi yang terkait dengan topik:
·  Produksi Hasil Nabati
2.12.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran menerapkan proses pengecilan ukuran umbi-umbian
3.12. Menerapkan proses pengecilan ukuran umbi-umbian
4.8 4.12. Melakukan pengecilan ukuran umbi-umbian



1.13Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran proses pengolahan bahan hasil nabati
Menerapkan pengolahan hasil umbi-umbian
·         Pengenalan alat
·         Prosedur pengolahan
·         Mutu Olahan Hasil

Mengamati
Mencari informasi cara menerapkan pengolahan hasil umbi-umbian
 Menanya
Diskusi tentang cara menerapkan pengolahan hasil umbi-umbian
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktek menerapkan pengolahan hasil umbi-umbian
Mengasosiasi
Menerapkan dan membuat kesimpulan hasil  menerapkan pengolahan hasil umbi-umbian
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil  menerapkan pengolahan hasil umbi-umbian
Tugas
Menyelesaikan tugas yang diberikan
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktek menerapkan pengolahan hasil umbi-umbian
· Ceklist lembar pengamatan presentasi kelompok

Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda

10 JP
                Referensi yang terkait dengan topik:
·  Produksi Hasil Nabati
2.13.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran menerapkan pengolahan hasil umbi-umbian
3.13. Menerapkan pengolahan hasil umbi-umbian
4.8 4.13. Memproduksi olahan umbi-umbian








No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...