Sunday 15 July 2018

silabus dasar mutu hasil pertanian baru


SILABUS

Nama Sekolah                   :  SMKN 5 Ciamis
Mata Pelajaran                 :  Dasar Pengendalian Mutu Hasil Pertanian
Kelas/smt                            :  X/ 1
Tahun Pelajaran               : 2018/2019
Kompetensi :
KI 1   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2  Menghayati perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3  : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
KI 4 : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber belajar
1.1    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran Dasar Pengendalian Mutu hasil Pertanian
Prinsip mutu, teknik  dan metode pengendalian mutu selama proses dengan pendekatan “titik kritis dan cacat nol” serta pendekatan “diagnosis penyimpangan dan perbaikan proses”

Mengamati
Mengamati prinsip mutu, teknik dan metode pengendalian mutu selama proses
Menanya
Mendiskusikan dan mengkolaborasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksprorasi konsep, strategi, teknik  dan metode pengendalian mutu selama proses
Eksperimen
Melakukan percobaan penerapan strategi, metode dan teknik pengendalian mutu selama proses
Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan eksperimen.
Mengkomunikasikan
·      Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
·         Secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam laporan
Tes
Essay/pilihan ganda tentang prinsip mutu & pengendalian mutu.
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa sat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil Eksplorasi
·      Laporan praktik
·      Laporan penugasan
8 JP
Buku atau referensi yang terkait dengan topik.
2.1.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  Memahami teknik pengendalian mutu


3.1 Memahami teknik pengendalian mutu
4.1 Mengemukakan teknik pengendalian mutu
1.2    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran asar Pengendalian Mutu hasil Pertanian
Prinsip kerja alat dan penanganan bahan laboratorium, teknik kerja laboratorium  dan K3LH
Mengamati
Mengamati Prinsip dan penerapan kerja alat dan penanganan bahan laboratorium, teknik kerja laboratorium  dan K3LH
Menanya
Mendiskusikan dan mengkolaborasikan  hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksprorasi konsep,strategi metode Prinsip kerja alat, penanganan bahan laboratorium, teknik kerja laboratorium  dan K3LH
Eksperimen
Melakukan percobaan teknik kerja alat dan penanganan bahan laboratorium, teknik kerja laboratorium  dan K3LH
Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam laporan
Tes
Essay/pilihan ganda tentang Prinsip, teknik dan metode pengambilan contoh

Observasi
Hasil observasi terhadap siswa sat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil Eksplorasi
·      Laporan praktik
·      Laporan
·      Penugasan
12 JP
Buku atau referensi yang terkait dengan topik.
2.2.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  . Menerapkan K3LH

3.2       Menerapkan K3LH
4.2 Melaksanakan K3LH
1.3    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran. asar Pengendalian Mutu hasil Pertanian
Peralatan laboratorium dasar mutu
Mengamati
Mengamati Peralatan laboratorium dasar mutu
Menanya
Mendiskusikan dan mengkolaborasikan  hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi Peralatan laboratorium dasar mutu
Eksperimen
Melakukan percobaan penggunaan Peralatan laboratorium dasar mutu Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam laporan
Tes
Essay/pilihan ganda tentang peralatan laboratorium dasar
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil Eksplorasi
·      Laporan praktik
·      Laporan
·      Penugasan
8 JP
Buku atau referensi yang terkait dengan topik.
2.3.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  .
Mengidentifikasi peralatan laboratorium dasar mutu
3.3. Mengidentifikasi peralatan laboratorium dasar mutu.
4.3. Merinci peralatan laboratorium dasar mutu
1.4    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran Dasar Pengendalian Mutu hasil Pertanian
Kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
Mengamati
Mengamati Peralatan laboratorium dasar mutu
Menanya
Mendiskusikan dan mengkolaborasikan  hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi Kebutuhan Peralatan laboratorium dasar mutu
Eksperimen
Melakukan percobaan penggunaan Peralatan laboratorium dasar mutu Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam laporan
Tes
Essay/pilihan ganda tentang peralatan laboratorium dasar
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil Eksplorasi
·      Laporan praktik
·      Laporan
·      Penugasan
12 JP
Buku atau referensi yang terkait dengan topik.
2.4.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  .
Menganalisis kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
3.4. Menganalisis kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
4.4. Menganalisis kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu

1.5    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran Dasar Pengendalian Mutu hasil Pertanian
Mengevaluasi peralatan laboratorium dasar mutu
Mengamati
Mengamati Peralatan laboratorium dasar mutu
Menanya
Mendiskusikan dan mengkolaborasikan  hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi Peralatan laboratorium dasar mutu
Eksperimen
Melakukan percobaan penggunaan Peralatan laboratorium dasar mutu Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam laporan
Tes
Essay/pilihan ganda tentang peralatan laboratorium dasar
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil Eksplorasi
·      Laporan praktik
·      Laporan
·      Penugasan
12 JP
Buku atau referensi yang terkait dengan topik.
2.5.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  .
Mengevaluasi peralatan laboratorium dasar mutu
3.5.    Mengevaluasi peralatan laboratorium dasar mutu
4.5. Menetapkan peralatan laboratorium dasar mutu
1.6    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran Dasar Pengendalian Mutu hasil Pertanian
Mengkalibrasi peralatan
Mengamati
Mengamati cara mengkalibrasi peralatan
Menanya
Mendiskusikan dan mengkolaborasikan  hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi cara mengkalibrasi peralatan
Eksperimen
Melakukan percobaan mengkalibrasi peralatan
Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam laporan
Tes
Essay/pilihan ganda tentang kalibrasi peralatan
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil Eksplorasi
·      Laporan praktik
·      Laporan
·      Penugasan
8 JP
Buku atau referensi yang terkait dengan topik.
2.6.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  .
Menerapkan SOP kalibrasi peralatan
3.6.    Menerapkan SOP kalibrasi peralatan
4.5. Mengkalibrasi peralatan
1.7    Meyakini  anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari pembelajaran Dasar Pengendalian Mutu hasil Pertanian
Teknik kerja aseptis
Mengamati
Mengamati cara kerja secara aseptis
Menanya
Mendiskusikan dan mengkolaborasikan  hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi cara kerja aseptis
Eksperimen
Melakukan percobaan menggunakan cara kerja aseptis
Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam laporan
Tes
Essay/pilihan ganda tentang cara kerja aseptis
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil Eksplorasi
·      Laporan praktik
·      Laporan
·      Penugasan
12 JP
Buku atau referensi yang terkait dengan topik.
2.7.Menghayati sikap cermat, teliti ,  tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari  pembelajaran  .
Menerapkan teknik kerja aseptis
3.7.    Menerapkan teknik kerja aseptis
4.5. Melaksanakan teknik kerja aseptis





No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...