SILABUS
Nama Sekolah : SMKN 5 Ciamis
Mata Pelajaran : Dasar Pengendalian Mutu Hasil Pertanian
Kelas/smt : X/ 1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi :
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menghayati
perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan
Hasil Pertanian pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
KI 4 : Melaksanakan tugas spesifik
dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan
menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,
gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber belajar
|
1.1
Meyakini anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya
bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk
dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari
pembelajaran Dasar
Pengendalian Mutu hasil Pertanian
|
Prinsip mutu, teknik dan metode
pengendalian mutu selama proses dengan pendekatan “titik kritis dan cacat
nol” serta pendekatan “diagnosis penyimpangan dan perbaikan proses”
|
Mengamati
Mengamati prinsip mutu, teknik dan metode pengendalian mutu selama proses
Menanya
Mendiskusikan dan
mengkolaborasikan hasil
eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksprorasi konsep, strategi,
teknik dan metode pengendalian mutu
selama proses
Eksperimen
Melakukan percobaan penerapan
strategi, metode dan teknik pengendalian mutu
selama proses
Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan
eksperimen.
Mengkomunikasikan
· Mengkomunikasikan hasil
eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
·
Secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam
laporan
|
Tes
Essay/pilihan ganda tentang prinsip
mutu & pengendalian mutu.
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa
sat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil Eksplorasi
· Laporan
praktik
· Laporan
penugasan
|
8 JP
|
Buku atau referensi yang
terkait dengan topik.
|
2.1.Menghayati sikap cermat, teliti , tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari pembelajaran
Memahami teknik pengendalian mutu
|
|||||
3.1 Memahami
teknik pengendalian mutu
|
|||||
4.1 Mengemukakan
teknik pengendalian mutu
|
|||||
1.2
Meyakini anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya
bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk
dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari
pembelajaran asar
Pengendalian Mutu hasil Pertanian
|
Prinsip kerja alat dan penanganan bahan laboratorium, teknik kerja
laboratorium dan K3LH
|
Mengamati
Mengamati Prinsip dan penerapan kerja alat dan penanganan bahan laboratorium,
teknik kerja laboratorium dan K3LH
Menanya
Mendiskusikan dan
mengkolaborasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksprorasi
konsep,strategi metode Prinsip kerja alat, penanganan bahan
laboratorium, teknik kerja laboratorium
dan K3LH
Eksperimen
Melakukan percobaan teknik kerja alat dan penanganan bahan laboratorium, teknik kerja
laboratorium dan K3LH
Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan
eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen
dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam
laporan
|
Tes
Essay/pilihan ganda
tentang Prinsip, teknik dan metode pengambilan contoh
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa
sat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil
Eksplorasi
· Laporan
praktik
· Laporan
· Penugasan
|
12 JP
|
Buku atau referensi yang
terkait dengan topik.
|
2.2.Menghayati sikap cermat, teliti , tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari pembelajaran
. Menerapkan K3LH
|
|||||
3.2 Menerapkan K3LH
|
|||||
4.2 Melaksanakan K3LH
|
|||||
1.3
Meyakini anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya
bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk
dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari
pembelajaran.
asar Pengendalian Mutu hasil Pertanian
|
Peralatan
laboratorium dasar mutu
|
Mengamati
Mengamati Peralatan
laboratorium dasar mutu
Menanya
Mendiskusikan dan
mengkolaborasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
Peralatan laboratorium dasar mutu
Eksperimen
Melakukan percobaan penggunaan
Peralatan laboratorium dasar mutu Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan
eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen
dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam laporan
|
Tes
Essay/pilihan ganda
tentang peralatan laboratorium dasar
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa
saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil
Eksplorasi
· Laporan
praktik
· Laporan
· Penugasan
|
8 JP
|
Buku atau referensi yang
terkait dengan topik.
|
2.3.Menghayati sikap cermat, teliti , tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari pembelajaran
.
Mengidentifikasi peralatan laboratorium dasar mutu
|
|||||
3.3. Mengidentifikasi peralatan laboratorium dasar mutu.
|
|||||
4.3.
Merinci peralatan
laboratorium dasar mutu
|
|||||
1.4
Meyakini anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya
bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk
dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari
pembelajaran Dasar
Pengendalian Mutu hasil Pertanian
|
Kebutuhan
peralatan laboratorium dasar mutu
|
Mengamati
Mengamati Peralatan
laboratorium dasar mutu
Menanya
Mendiskusikan dan mengkolaborasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
Kebutuhan Peralatan laboratorium dasar mutu
Eksperimen
Melakukan percobaan penggunaan
Peralatan laboratorium dasar mutu Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan
eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen
dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam
laporan
|
Tes
Essay/pilihan ganda
tentang peralatan laboratorium dasar
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa
saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil
Eksplorasi
· Laporan
praktik
· Laporan
· Penugasan
|
12 JP
|
Buku atau referensi yang
terkait dengan topik.
|
2.4.Menghayati sikap cermat, teliti , tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari pembelajaran
.
Menganalisis kebutuhan peralatan
laboratorium dasar mutu
|
|||||
3.4. Menganalisis kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
|
|||||
4.4. Menganalisis kebutuhan peralatan
laboratorium dasar mutu
|
|||||
1.5
Meyakini anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya
bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk
dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari
pembelajaran Dasar
Pengendalian Mutu hasil Pertanian
|
Mengevaluasi
peralatan laboratorium dasar mutu
|
Mengamati
Mengamati Peralatan
laboratorium dasar mutu
Menanya
Mendiskusikan dan
mengkolaborasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
Peralatan laboratorium dasar mutu
Eksperimen
Melakukan percobaan penggunaan
Peralatan laboratorium dasar mutu Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan
eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen
dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam
laporan
|
Tes
Essay/pilihan ganda
tentang peralatan laboratorium dasar
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa
saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil
Eksplorasi
· Laporan
praktik
· Laporan
· Penugasan
|
12 JP
|
Buku atau referensi yang
terkait dengan topik.
|
2.5.Menghayati sikap cermat, teliti , tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari pembelajaran
.
Mengevaluasi
peralatan laboratorium
dasar mutu
|
|||||
3.5.
Mengevaluasi peralatan laboratorium dasar mutu
|
|||||
4.5. Menetapkan peralatan laboratorium dasar mutu
|
|||||
1.6
Meyakini anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya
bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk
dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari
pembelajaran Dasar
Pengendalian Mutu hasil Pertanian
|
Mengkalibrasi
peralatan
|
Mengamati
Mengamati cara
mengkalibrasi peralatan
Menanya
Mendiskusikan dan
mengkolaborasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
cara mengkalibrasi peralatan
Eksperimen
Melakukan percobaan mengkalibrasi
peralatan
Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan
eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen
dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam
laporan
|
Tes
Essay/pilihan ganda
tentang kalibrasi peralatan
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa
saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil
Eksplorasi
· Laporan
praktik
· Laporan
· Penugasan
|
8 JP
|
Buku atau referensi yang
terkait dengan topik.
|
2.6.Menghayati sikap cermat, teliti , tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari pembelajaran
.
Menerapkan SOP
kalibrasi peralatan
|
|||||
3.6.
Menerapkan SOP kalibrasi peralatan
|
|||||
4.5. Mengkalibrasi
peralatan
|
|||||
1.7
Meyakini anugerah Tuhan berupa beraeneka ragam dan melimpahnya
bahan hasil pertanian dan perikanan yang diamanatkan kepada manusia untuk
dilakukan penanganan untuk kemaslahatan umat manusia sebagai hasil dari
pembelajaran Dasar
Pengendalian Mutu hasil Pertanian
|
Teknik kerja aseptis
|
Mengamati
Mengamati cara kerja
secara aseptis
Menanya
Mendiskusikan dan
mengkolaborasikan hasil eksplorasi, eksperimen dan pengamatan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
cara kerja aseptis
Eksperimen
Melakukan percobaan menggunakan
cara kerja aseptis
Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan, eksplorasi dan
eksperimen.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil eksplorasi, eksperimen
dan pengamatan secara lisan dalam presentasi dan tertulis dalam
laporan
|
Tes
Essay/pilihan ganda
tentang cara kerja aseptis
Observasi
Hasil observasi terhadap siswa
saat praktek, presentasi dan pembelajaran teori
Portofolio Rangkuman konsep hasil
Eksplorasi
· Laporan
praktik
· Laporan
· Penugasan
|
12 JP
|
Buku atau referensi yang
terkait dengan topik.
|
2.7.Menghayati sikap cermat, teliti , tanggungjawab, kerja sama, jujur, disiplin, dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sebagai hasil dari pembelajaran
.
Menerapkan teknik kerja
aseptis
|
|||||
3.7.
Menerapkan teknik kerja aseptis
|
|||||
4.5. Melaksanakan
teknik kerja aseptis
|
No comments:
Post a Comment
Komentar