Wednesday, 25 July 2018

contoh RPP keamanan pangan uji organoleptik kelas xi aphp



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah      : SMKN 5 Ciamis
Mata Pelajaran     : Keamanan pangan, penyimpanan dan penggudangan
Komp. Keahlian     : Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
Kelas/Semester    : XI/ Ganjil (3)
Tahun Pelajaran    : 2018/2019
Alokasi Waktu      : 12 JP x 45 menit

A.  Kompetensi Inti *)
1.  Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanianpada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.  Keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.  Kompetensi Dasar *)
1.  KD pada KI pengetahuan
3.1. Menerapkan pengujian organoleptik
KD pada KI keterampilan
4.1. Melakukan pengujian organoleptik.
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  Indikator KD pada KI pengetahuan
·   Menerangkan pengertian uji organoleptik
·   Menjelaskan persyaratan ruangan/tempat untuk uji organoleptik
·   Menjelaskan persyaratan panelis untuk melakukan uji organoleptik
·   Menjelaskan perbedaan uji organoleptik jenis kesukaan dan pembedaan
·   Dapat menjelaskan jenis-jenis uji pembedaan


2.  Dapat menjelaskan jenis-jenis uji pembedaanIndikator KD pada KI keterampilan
·   Mengikuti (Meniru)  pengujian uji organoleptik
·    Bertindak sebagai pelaksana pengujian dalam menyiapkan laboratorium, meneyiapkan dan menyajikan contoh dan pembanding
D.  Tujuan Pembelajaran
3.1.
·      Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
a.  Menjelaskan pengertian uji organoleptik
b.   Menjelaskan persyaratan ruangan untuk uji organoleptik
c.   Menjelaskan persyaratan untuk menjadi panelis dalam uji organoleptik
d.  Menjelaskan perbedaan antara uji kesukaan dengan uji pembedaan
e.     Dapat menjelaskan jenis-jenis uji pembedaan
4.1.
·  Disediakan peralatan dan bahan, peserta didik Mengikuti (Meniru)  pengujian uji organoleptik
·     Disediakan peralatan dan bahan, peserta didik dapat Bertindak sebagai pelaksana pengujian dalam menyiapkan laboratorium, meneyiapkan dan menyajikan contoh dan pembanding

E.  Materi Pembelajaran
Uji organoleptik
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran terlampir)
F.  Model dan Metode
Model Discovery Learning
Metode Diskusi
G.  Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan Kesatu:**)
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Mengucapkan salam
Mengabsen siswa, memotivasi
b.  Kegiatan Inti (115 menit)
Mengamati
·     Guru meminta siswa untuk melihat berbagai contoh uji organoleptik melalui bahan tayangan.
·     Guru menugaskan siswa membaca buku untuk meng identifikasi berbagai informasi tentang uji organoleptik
·      Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
·     Siswa membaca buku berkaitan dengan berbagai jenis tentang uji organoleptik
·     Siswa berdiskusi tentang berbagai informasi tentang uji organoleptik
·     Siswa mengidentifikasi tentang uji organoleptikhasil diskusi dan buku.
·     Siswa menentukan jenis uji organolpetik

Menanya
·     Guru menugaskan siswa untuk menentukan  masalah utama dalamuji organoleptik.
·     Siswa mengidentifikasi masalah – masalah dalam uji organoleptik
·     Siswa membaca buku untuk mendapatkan informasi tentang dalam uji organoleptik
·     Siswa mendiskusikan tentang uji organoleptik.
·     Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan uji organoleptik
·     Guru meminta siswa untuk menentukan phal-hal penting dalam uji organoleptik di buku siswa  dan hasil diskusi
·     Siswa menggali informasi tentang prosedur uji organoleptik
·     Siswa mendiskusikan tentang prosedur uji organoleptik
·     Siswa menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan  prosedur uji organoleptik

Pengumpulan data
·     Guru meminta siswa untuk mencoba melakukan uji organoleptik sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis
·     Siswa mencoba melakukan uji organoleptik seperti contoh sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis


Pembuktian
·     Guru menugaskan siswa untuk menilai hasil uji organoleptik menggunakan format penilaian.
·    Siswa menilai hasil uji organoleptik berdasarkan format

Menarik kesimpulan
·       Guru menugaskan siswa untuk menyajikan kesimpulan tentang uji organoleptik
·       Siswa membuat bahan presentasi tentang uji organoleptik dalam bentuk power point
·       Siswa menyajikan tentang uji organoleptik
·       Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi.
·       Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru.
Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan tentang uji organolept
c.    Penutup (10 menit),
§  Guru meminta siswa untuk merapihkan semua peralatan dan bahan praktik ke tempat semula.
§  Siswa secara bersama-sama merapihkan tempat praktik
§  Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.
§  Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
§  Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
§  Melaksanakan evaluasi.
§  Guru memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya
§  Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

2.  Pertemuan Kedua:**)
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
§  Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa dengan menyapa dan memberi salam.
§  Guru menyiapkan siswa, berdoa dan absensi..
§ Guru memberikan  informasi materi yang akan di bahas yaitu pengecilan ukuran dan bertanya kepada siswa seberapa pentingnya pengecilan ukuran bahan sebelum di proses lebih lanjut untuk memotivasi siswa.
§  Guru menunjukkan  atau  mendemonstrasikan sesuatu terkait dengan materi pembelajaran yang akan dibahas

b.  Kegiatan Inti (115 menit)
Mengamati
·     Guru meminta siswa untuk melihat berbagai contoh uji pembedaan melalui bahan tayangan.
·     Guru menugaskan siswa membaca buku untuk meng identifikasi berbagai informasi tentang uji pembedaan
·      Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
·     Siswa membaca buku berkaitan dengan berbagai jenis tentang uji pembedaan
·     Siswa berdiskusi tentang berbagai informasi tentang uji pembedaan
·     Siswa mengidentifikasi tentang uji pembedaanhasil diskusi dan buku.
·     Siswa menentukan jenis uji organolpetik

Menanya
·     Guru menugaskan siswa untuk menentukan  masalah utama dalamuji pembedaan.
·     Siswa mengidentifikasi masalah – masalah dalam uji pembedaan
·     Siswa membaca buku untuk mendapatkan informasi tentang dalam uji pembedaan
·     Siswa mendiskusikan tentang uji pembedaan.
·     Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan uji pembedaan
·     Guru meminta siswa untuk menentukan phal-hal penting dalam uji pembedaan di buku siswa  dan hasil diskusi
·     Siswa menggali informasi tentang prosedur uji pembedaan
·     Siswa mendiskusikan tentang prosedur uji pembedaan
·     Siswa menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan  prosedur uji pembedaan

Pengumpulan data
·     Guru meminta siswa untuk mencoba melakukan uji pembedaan sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis
·     Siswa mencoba melakukan uji pembedaan seperti contoh sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis


Pembuktian
·     Guru menugaskan siswa untuk menilai hasil uji pembedaan menggunakan format penilaian.
·    Siswa menilai hasil uji pembedaan berdasarkan format

Menarik kesimpulan
·       Guru menugaskan siswa untuk menyajikan kesimpulan tentang uji pembedaan
·       Siswa membuat bahan presentasi tentang uji pembedaan dalam bentuk power point
·       Siswa menyajikan tentang uji pembedaan
·       Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi.
·       Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru.
Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan tentang uji pembedaan

c.   Penutup (10 menit)
·    Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.
·    Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
·    Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
·    Melaksanakan evaluasi.
·    Guru memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya.
·    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

3.  Pertemuan Ketiga:**)
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
§  Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa dengan menyapa dan memberi salam.
§  Guru menyiapkan siswa, berdoa dan absensi.
§  Guru memberikan sekilas materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
§ Guru memberikan  informasi materi yang akan di bahas dan bertanya kepada siswa seberapa pentingnya  pengawetanpadabahan pangan sebelum diolah lebih lanjut untuk membuka wawasan dan memotivasi siswa.
§  Guru menunjukkan  atau  mendemonstrasikan sesuatu terkait dengan materi pembelajaran yang akan di bahas

b.  Kegiatan Inti (115 menit)
·     Guru meminta siswa untuk melihat berbagai contoh uji kesukaan melalui bahan tayangan.
·     Guru menugaskan siswa membaca buku untuk meng identifikasi berbagai informasi tentang uji kesukaan
·      Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
·     Siswa membaca buku berkaitan dengan berbagai jenis tentang uji kesukaan
·     Siswa berdiskusi tentang berbagai informasi tentang uji kesukaan
·     Siswa mengidentifikasi tentang uji kesukaanhasil diskusi dan buku.
·     Siswa menentukan jenis uji organolpetik

Menanya
·     Guru menugaskan siswa untuk menentukan  masalah utama dalamuji kesukaan.
·     Siswa mengidentifikasi masalah – masalah dalam uji kesukaan
·     Siswa membaca buku untuk mendapatkan informasi tentang dalam uji kesukaan
·     Siswa mendiskusikan tentang uji kesukaan.
·     Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan uji kesukaan
·     Guru meminta siswa untuk menentukan phal-hal penting dalam uji kesukaan di buku siswa  dan hasil diskusi
·     Siswa menggali informasi tentang prosedur uji kesukaan
·     Siswa mendiskusikan tentang prosedur uji kesukaan
·     Siswa menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan  prosedur uji kesukaan

Pengumpulan data
·     Guru meminta siswa untuk mencoba melakukan uji kesukaan sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis
·     Siswa mencoba melakukan uji kesukaan seperti contoh sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis


Pembuktian
·     Guru menugaskan siswa untuk menilai hasil uji kesukaan menggunakan format penilaian.
·    Siswa menilai hasil uji kesukaan berdasarkan format

Menarik kesimpulan
·       Guru menugaskan siswa untuk menyajikan kesimpulan tentang uji kesukaan
·       Siswa membuat bahan presentasi tentang uji kesukaan dalam bentuk power point
·       Siswa menyajikan tentang uji kesukaan
·       Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi.
·       Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru.
Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan tentang uji kesukaan

c.   Penutup (10 menit),
§  Guru meminta siswa untuk merapihkan semua peralatan dan bahan praktik ke tempat semula.
§  Siswa secara bersama-sama merapihkan tempat praktik
§  Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.
§  Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
§  Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
§  Melaksanakan evaluasi.
§  Guru memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya
§  Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

H.  Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1.  Media    : LCD, laptop, bahan tayang, power point
2.  Alat       : kertas, bolpoint
3.  Bahan   : kuisioner, lembar kerja
4.  Sumber Belajar : buku manual, job sheet, lembar informasi

I.   Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.  Teknik Penilaian
Tes tulis, penugasan, tes unjuk kerja

2.  Instrumen Penilaian
a.  Pertemuan pertama
Kompetensi Dasar
Indikator (IPK)
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
Butir Soal
3.1.      Menerapkan pengujian organoleptik
·           Menerangkan pengertian uji organoleptik
·           Menjelaskan persyaratan ruangan/tempat untuk uji organoleptik
·         Menjelaskan persyaratan panelis untuk melakukan uji organoleptik
·           Menjelaskan perbedaan uji organoleptik jenis kesukaan dan pembedaan
·           Dapat menjelaskan jenis-jenis uji pembedaan


·  Uji organoleptik
1.  Siswa dapat
f.   Menjelaskan pengertian uji organoleptik
g.   Menjelaskan persyaratan ruangan untuk uji organoleptik
h.  Menjelaskan persyaratan untuk menjadi panelis dalam uji organoleptik
i.    Menjelaskan perbedaan antara uji kesukaan dengan uji pembedaan
j.      Dapat menjelaskan jenis-jenis uji pembedaan
Tes tulis
1.  Jelaskan pengertian uji organoleptik
2.    Jelaskan syarat ruang untuk melakukan uji organoleptik
3.    Jelaskan syarat untuk menjadi panelis
4.    Jelaskan perbedaan antara uji kesukaan dengan uji pembedaan
5.    Jelaskan macam-macam jenis uji pembedaan


Kunci Jawaban Soal:
1.  Uji organoleptik/ uji inderawi adalah uji terhadap mutu suatu bahan / hasil olahannya dengan menggunakan alat indera (mata, hidung, mulut/lidah, tangan/ kulit). Aspek yang diuji meliputi warna, aroma, rasa, tekstur dan flavour.
2.  Ruang untuk melakukan uji organoleptik harus memenuhi persyaratan : terisolasi/ terpisah dari ruang lain, kedap suara, kedap bau, suhu dan kelembapan terkendali, cahaya penerangan optimal
3.  Syarat menjadi panelis;
1.     Memiliki pengetahuan tentang prinsip penginderaan dan faktor yang berpengaruh
2.     Memiliki kemampuan untuk mendeteksi, mengenal/ membedakan sifat khas tertentu pada contoh bahan
3.     Mengenal dan mampu menggunakan dokumen mutu untuk kegiatan penginderaan
4.     Bersikap tenang, serius dan obyektif
5.     Bekerjasama dalam tim, keputusan berdasarkan hasil peengujian, dalam pelaksanaan tugas sesuai prosedur

4.  Perbedaan antara uji pembedaan dan uji kesukaan;
a.     Uji pembedaan (different test) adalah uji yang digunakan untuk menetapkan apakah ada perbedaan sifat sensorik atau organoleptik antara dua sampel.  Uji ini digunakan untuk menilai beberapa pengaruh macam perlakuan modifikasi proses atau bahan dalam pengolahan pangan suatu industri, atau untuk mengetahui adanya perbedaan atau persamaan antara dua produk dari dua komoditas yang sama.
b.     Uji kesukaan (uji hedonik) adalah uji yang ditujukan untuk meminta panelis memberikan tanggapan pribadinya tentang kesuakaan atau sebaliknya (ketidaksukaan) terhadap suatu produk. Dalam uji kesukaan panelis juga diminta mengemukakan tingkat kesukaannya (=dikenal sebagai skala kesukaan). Uji hedonik banyak digunakan untuk menilai produk akhir.
5.  Jenis –jenis uji pembedaan;
a.     Uji pasangan/paired comparison/dual comparation
Berfungsi menilai ada/tidak adanya perbedaan antara dua macam produk ( biasanya produk baru dibandingkan dengan produk terdahulu yang sudah laku dimasyarakat).
Dapat memakai produk baku sebagai acuan, atau hanya membandingkan dua contoh produk yang diuji
Dalam penyajiannya dua contoh produk berbeda disajikan secara bersamaan.
b.     Uji segitiga / triangle test
Berfungsi untuk mendeteksi perbedaan yang kecil, karena uji ini lebih peka dibanding uji pasangan.
Dalam penyajian, 3 contoh produk berbeda disajikan bersamaan secara  acak,
Tidak ada contoh baku/pembanding
c.     Uji duo- trio
Untuk mengetahui perbedaan atau persamaan antara dua produk dari komoditi yang sama pada produk baru
Untuk mencari perbedaan yang kecil
Dissajikan 3 contoh, 1 contoh beda 2 contoh sama
Ada pembanding
d.     Uji pembanding ganda (dual standar)
Menggunakan 3 contoh, 2 pembanding/ contoh baku, 1 contoh uji
Dalam penyajian 2 contoh pembanding, kemudian baru contoh baku
e.     Uji pembanding jamak (multiple standar)
Satu contoh uji dengan 3 atau lebih contoh pembanding
f.      Uji rangsangan tunggal (single stimulus)
g.     Uji pasangan jamak (multiple pairs)
h.     Uji tunggal

Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai
Nilai 4 : jika Jawaban sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan
Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban
Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban
Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban

Contoh Pengolahan Nilai
IPK
No Soal
Skor Penilaian 1
Nilai
1.
1
3
Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK
(18/24) * 100 = 75
2.
2
3

3
3
4
4
4
3
5
5
3


2
Jumlah
20

b.  Pertemuan kedua
Penilaian keterampilan

Kompetensi Dasar
Materi Bahasan
Indikator
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
4.10 Melakukan pengujian organoleptik
Mendemontrasikan pengujian organoleptik

1.    Disediakan peralatan dan bahan, peserta didik Mengikuti (Meniru)  pengujian uji organoleptik
2.    Disediakan peralatan dan bahan, peserta didik dapat Bertindak sebagai pelaksana pengujian dalam menyiapkan laboratorium, meneyiapkan dan menyajikan contoh dan pembanding
1.  Siswa dapat melakukan salah satu uji organoleptik

Tes Praktek

1


Soal Praktek;
Disediakan alat dan bermacam-macam bahan.  Lakukan uji organoleptik dengan Tri anglee test

No
Komponen/Sub Komponen Penilaian
Indikator
Skor
1
Persiapan Kerja
a. Penggunaan alat dan bahan
Penggunaan alat dan bahan sesuai prosedur
91 - 100
Penggunaan alat dan bahan kurang sesuai prosedur
80 - 90
Penggunaan alat dan bahan tidak sesuai prosedur
70 - 79
b. Ketersediaan alat dan bahan
Ketersediaan alat dan bahan lengkap
91 - 100
Ketersediaan alat dan bahan cukup lengkap
80 - 90
Ketersediaan alat dan bahan kurang lengkap
70 - 79
2
Proses dan Hasil Kerja

a. Kemampuan mengelompokkan
Kemampuan mengelompokkan baik
91 - 100
Kemampuan  mengelompokkan cukup
80 - 90
Kemampuan mengelompokkan kurang
70 - 79
b. Hasil pengelompokkan
Hasil pengelompokkan tepat
91 - 100
Hasil pengelompokkan cukup tepat
80 - 90
Hasil pengelompokkan kurang tepat
70 - 79
3
Sikap kerja

a. Keterampilan dalam bekerja
Bekerja dengan terampil
91 -100
Bekerja dengan cukup terampil
80 - 90
Bekerja dengan kurang terampil
70 - 79
b. Kedisiplinan dalam bekerja
Bekerja dengan disiplin
91 - 100
Bekerja dengan cukup disiplin
80 - 90
Bekerja dengan kurang disiplin
70 - 79
c. Tanggung jawab dalam bekerja
Bertanggung jawab
91 - 100
Cukup bertanggung jawab
80 - 90
Kurang bertanggung jawab
70 - 79
d.  Konsentrasi dalam bekerja
Bekerja dengan konsentrasi
91 - 100
Bekerja dengan cukup konsentrasi
80 - 90
Bekerja dengan kurang konsentrasi
70 - 79
4
Waktu

 Penyelesaian pekerjaan
Selesai sebelum waktu berakhir
91 - 100
Selesai tepat waktu
80 - 90
Selesai setelah waktu berakhir
70 - 79



Perhitungan nilai praktek


Persentase Bobot Komponen Penilaian
Nilai Praktik(NP)

Persiapan
Proses
Sikap Kerja
Hasil
Waktu
∑ NK

1
2
3
4
5
6
Skor Perolehan






Skor Maksimal





Bobot





NK






3.  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
PROGRAM REMIDIAL/ PENGAYAAN

Mata Pelajaran         : Keamanan pangan, penyimpanan dan penggudangan
Kelas/ Semester       : X/ 1
Kompetensi Inti       :         Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanianpada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
Kompetensi Dasar    : 3.1 Menerapkan pengujian organoleptik
Indikator           : Menerangkan pengertian uji organoleptik
·  Menjelaskan persyaratan ruangan/tempat untuk uji organoleptik
·  Menjelaskan persyaratan panelis untuk melakukan uji organoleptik
·  Menjelaskan perbedaan uji organoleptik jenis kesukaan dan pembedaan
·    Dapat menjelaskan jenis-jenis uji pembedaan

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Remidial/Pengayaan
1.

< 70
1.    Siswa diharuskan mempelajari ulang materi dan membuat makalah seperti yang terampir pada lembar tugas mandiri tidak terstruktur kemudian diakukan tes tulis ulang
2.












Dst ……………..



Laporan nilai setelah Remidial/Pengayaan
No.
Nama Siswa
Nilai asal
Nilai setelah perbaikan/pengayaan
1.


2.



















Dst ……………..





Mengetahui
Kepala SMKN 5 Ciamis


DIDIN RUSDIANA, S.Pd, MM  
NIP.19710531 199502 1001


Cipaku, Juni 2018
Guru Mata Pelajaran


NURHAMID, S.TP
NIP.197405312009011004.





No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...