Saturday 2 December 2017

contoh matrik kegiatan model pembelajaran dasar proses pengolahan hasil pertanian



MATRIK KEGIATAN MODEL  PEMBELAJARAN
MAPEL DASAR PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN DAN PERIKANAN

Kompetensi Dasar (KD)
IPK
Sintak Model Discovery Learning
Pendekatan Sainstifik
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan Informasi
Menalar/ Mengolah data
Mengkomunikasikan
3.1. Menerapkan prinsip teknik konversi bahan
3.1.1.   Menuliskan (C1) definisi dan prinsip dasar teknik konversi bahan dengan teliti


3.1.2.   Menjelaskan (C2) tujuan dan fungsi teknik konversi bahan dengan cermat


3.1.3.   Menentukan (C3) tiga (3) macam metode konversi bahan dengan bertanggungjawab

4.1. 1.   Mendemonstrasikan (K3) kemampuan melakukan teknik konversi bahan dengan disiplin

1.   Memberikan stimulus

Siswa mendengarkan penjelasan guru

Guru menerangkan pokok bahasan teknik konversi bahan




2. Pernyataan/ identifikasi masalah

Siswa mengajukan pertanyaan tentang konversi bahan

Guru menfasilitasi siswa dalam tanya jawab



3. Pengumpulan data


Siswa mendemonstrasikan tentang konversi bahan

Guru memfasilitasi demonstrasi  siswa


4. Pembuktian /menalar (verification)



Siswa mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/ informasi yang terkait dalam rangka menemukan pola konversi bahan

Guru membimbing proses asosiasi siswa

5. Menarik kesimpulan/ Generalisasi




Siswa menyusun laporan tertulis

Guru melakukan pembimbingan proses penyusunan laporan siswa

No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...