Saturday 2 December 2017

contoh analisis KI-KD Penanganan Bahan Hasil Pertanian




          Analisilah keterkaitan antara SKL, KI dan KD Pengetahuan dari mata pelajaran Penanganan Bahan Hasil Pertanian dan Perikanan


Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Analisis KI
Analisis KD
Rekomendasi KD
Tingkat Dimensi Kognitif
Jenis Dimensi Pengetahuan
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan bentuk Pengetahuan
Ketercapaian Dimensi Kognitif dan bentuk Pengetahuan KD Mata Pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah

3.1. Memahami  ruang lingkup agribisnis hasil pertanian dan perikanan serta memahami jenis dan klasifikasi komoditas hasil pertanian dan perikanan (berdasarkan standar FAO dan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perikanan dan Kelautan), serta daya tahan: perishable/non perishable
KD 3.1, 3.4 s.d  KD 3.8  adalah memahami (C2) , sedang KD 3.2.dan 3.3 adalah menganalisis (C4) sudah sesuai dengan tuntutan KI 3,
Memahami (C2=memahami)
Pengetahuan konseptual
Sesuai dengan KI 3 tingkat  memahami (C2)
Lower Order Thinking Skills (LOT’s)
3.2. Menganalisis sifat bahan hasil pertaniandan perikanan (sifat fisis morfologis, sifat inderawi, sifat fisis mekanis, sifat fisiologis, komponen kimia).

Menganalisis (C4=Menganalisis)
Pengetahuan metakognitif
Sesuai dengan KI 3 tingkat  menganalisis (C4)

Higher Order Thinking Skills (HOT’s)
3.3  Menganalisis tanda-tanda dan penyebab kerusakan bahan ( kerusakan fisis, mekanis, fisiologis, biologis, mikrobiologis, kemis, akibat bahan pencemar).

Menganalisis (C4=Menganalisis)
Pengetahuan metakognitif
Sesuai dengan KI 3 tingkat  menganalisis (C4)
Higher Order Thinking Skills (HOT’s)
3.4. Memahami saat panen, cara panen dan peralatan yang digunakan
Memahami (C2=memahami)
Pengetahuan konseptual
Sesuai dengan KI 3 tingkat  memahami (C2)
Lower Order Thinking Skills (LOT’s)
3.5. Memahami tujuan, prinsip dan teknik-teknik sortasi/memilah dan grading bahan secara manual maupun menggunakan peralatan
Memahami (C2=memahami)
Pengetahuan konseptual
Sesuai dengan KI 3 tingkat  memahami (C2)
Lower Order Thinking Skills (LOT’s)
3.6.   Memahami tujuan, prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/ menyiangi, dressing/trimming, skinning/ kupas kulit (penghilangan kulit)  bahan sesuai dengan standar yang berlaku/ standar konsumen.

Memahami (C2=memahami)
Pengetahuan konseptual
Sesuai dengan KI 3 tingkat  memahami (C2)
Lower Order Thinking Skills (LOT’s)
3.7.    Memahami tujuan, prinsip dan teknik-teknik mengemas dan menyimpan  bahan

Memahami (C2=memahami)
Pengetahuan konseptual
Sesuai dengan KI 3 tingkat  memahami (C2)
Lower Order Thinking Skills (LOT’s)
3.8. Memahami tujuan,  prinsip dan teknik-teknik menumpuk dan mengangkut bahan.
Memahami (C2=memahami)
Pengetahuan konseptual
Sesuai dengan KI 3 tingkat  memahami (C2)
Lower Order Thinking Skills (LOT’s)

Keterangan pengisian kolom sbb:
1.     Kompetensi Inti (KI-3) sesuai tingkat/ kelas
2.     Kompetensi Dasar (KD-3) sesuai mata pelajaran
3.     KI pengetahuan atau KI keterampilan; kelas X, XI atau XII
4.     memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), atau mengevaluasi (C5).
5.     faktual, konseptual, prosedural atau metakognitif
6.     Tuliskan rekomendasi tingkat taksonomi (kata kerja operasional) dan pengetahuan(materi) yang sesuai tingkatannya untuk KD ybs.
7.     Tuliskan sesuai rekomendasi KD-3 dari mata pelajaranyang tingkat taksonomi (KKO) pada tingkat lower atau higher other thinking










Tugas 2.   Analisis Kompetensi Keterampilan (KD-4) dari mata pelajaran yang Sdr ampu, dan hubungkan keselarasan (alignment) dengan KD-3 dari pasangan KD tersebut serta berikan rekomendasinya.
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Analisis KI
Analisis KD
Rekomendasi KD
Bentuk Taksonomi
Tingkat Taksonomi
Kesetaraan Taksonomi KD-3 dg KD-4
Ketercapaian Taksonomi KD Mata Pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1   Mengelompokkan komoditas hasil pertanian dan perikanan berdasarkan jenis dan klasifikasi/ kelompok (berdasarkan standar FAO dan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perikanan dan Kelautan)
Sesuai dengan KI 4 kelas X, kecuali KD 9 dan KD 13.
Ketrampilan Konkret (P1)
Meniru/ Imitasi
Setara antara pengetahuan dan keterampilan
Keterampilan konkret sesuai kelas X tingkat Meniru taksonomi Dave
4.2   Menalar dan mengidentifikasi sifat bahan (morfologi, sifat inderawi, sifat fisis, mekanis, fisiologis, komponen kimia)

Ketrampilan abstrak
menalar
Tidak Setara antara pengetahuan (menganalisis= C4(metakognitif)) dan keterampilan (menalar)
Keterampilan abstrak sesuai kelas X tingkat menalar taksonomi Dyers
4.3   Menalar dan mengidentifikasi tanda-tanda dan penyebab kerusakan bahan (kerusakan fisis, mekanis, fisiologis, biologis, kemis, akibat bahan pencemar, mikrobiologis)
Ketrampilan abstrak)
menalar
Tidak Setara antara pengetahuan (menganalisis= C4(metakognitif)) dan keterampilan (menalar)
Keterampilan abstrak sesuai kelas X tingkat menalar taksonomi Dyers
4.4   Menentukan saat panen dan melakukan panen
.

Ketrampilan Konkret (P5)
Naturalisasi
Tidak Setara antara pengetahuan C2 dan keterampilan P5
Keterampilan konkret tidak sesuai utk kelas X tingkat naturalisasi taksonomi Dave, perlu diturunkan hanya sampai manipulasi
4.5   Melakukan sortasi/memilah dan grading bahan secara manual maupun menggunakan peralatan

Ketrampilan Konkret (P2)
Manipulasi
Setara antara pengetahuan dan keterampilan
Keterampilan konkret sesuai kelas X tingkat manipulasi taksonomi Dave
4.6   Membersihkan/mengepris/menyiangi, dressing/ trimming skinning/kupas kulit (penghilangan kulit)  bahan sesuai standar yang berlaku/standar konsumen
Ketrampilan Konkret (P1)
Meniru
Setara antara pengetahuan dan keterampilan
Keterampilan konkret sesuai kelas X tingkat meniru taksonomi Dave
4.7  Melakukan pengemasan dan penyimpanan bahan.

Ketrampilan Konkret (P2)
Manipulasi
Setara antara pengetahuan dan keterampilan
Keterampilan konkret sesuai kelas X tingkat manipulasi taksonomi Dave
4.8. Menumpuk dan mengangkut bahan.
Keterampilan Konkret (P2)
manipulasi
Setara antara pengetahuan dan keterampilan
Keterampilan konkret sesuai kelas X tingkat manipulasi taksonomi Dave

Keterangan pengisian kolom sbb:
1.     Kompetensi Inti (KI-4) sesuai tingkat/kelas
2.     Kompetensi Dasar (KD-4) sesuai mata pelajaran
3.     KI pengetahuan atau KI keterampilan; kelas X, XI atau XII
4.     abstrak atau konkrit.
5.     mengolah, menalar, menyaji atau imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi
6.     Tuliskan sesuai rekomendasi KD-3 (KKO dg levelnya) yang setara untuk menunjang KD-4 pasangannya.
7.     Tuliskan sesuai rekomendasi KD-4 dari mata pelajaran padatingkat taksonomi keterampilan konkrit/ abtrak (KKO) sesuai tingkat (Kelas) dari Kedudukan KD-4.






No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...