RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELJARAN
(RPP)
Sekolah : SMKN 1 Cipaku
Mata Pelajaran : Produksi Hasil Perkebunan
Kelas/Semester : XI / 1
Materi Pokok : Pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim
Alokasi Waktu : 20 JP
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan Mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongoyong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : memahami, menganalisis dan menerapkan
pengetahuan factual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan
dan peradaban terkait penyebab feenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2. Meyakini bahwa Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan
alam semesta ini dengan berbagaimacam tanaman .
2.1 .Meyakini
dan mengamalkan bahwa hasil produksi tanaman perkebunan merupakan anugrah Tuhan
yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai amanat untuk kemaslahatn umat.
2.2. menghayati dan melaksanakan
pentingnya prilaku jujur dan teliti sebagai hasil dari pembelajaran perencanaan
dan analisis usaha produk hasil perkebunan
2.3. Menghayati dan melaksanakan
pentingnya peduli, berlaku jujur, santun, responsive, proaktif dan
bertanggungjawab sebagai hasil dari pembelajaran memasarkan produk hasil
perkebunan.
3. 1. Menerapkan
prinsip dasar pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim
Indikator;
1. Siswa
dapat memahami karakteristik hasil perkebunan tanaman semusim
2. Siswa
dapat memahami prinsip dasar pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim
3. Siswa
dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pengolahan hasil perkebunan
tanaman semusim .
4.1.
Membuat
produk hasil perkebunan tanaman semusim
Indikator;
1.
Siswa
dapat menyebutkan jenis alat pengolahan
hasil perkebunan tanaman semusim.
2.
Siswa
dapat memahami prinsip kerja alat pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim.
3.
Siswa dapat membuat
alur proses pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim
4.
Siswa dapat melakukan proses
pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim
5.
Siswa dapat melakukan
pengendalian mutu pada proses pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim
6.
Siswa dapat melakukan
pengemasan dari hasil pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat mengembangkan
kemampuan bernalar dalam berfikir analisis induktif dan deduktif dengan
menggunakan konsep dan prinsip pengolahan hasil perkebunan untuk menjelaskan
berbagai peristiwa alam dan menyelesaikan masalah baik secara kualitatif maupun
kuantitatif.
D. Materi
Pembelajaran
1. Pengolahan
hasil perkebunan tanaman semusim
(Karakteristik bahan, prinsip
dasar pengolahan, faktor-faktor yang mempengaruhi, jenis dan prinsip kerja alat
pengolahan, alur proses pengolahan, proses pengolahan, pengemasan, perencanaan
usaha, pemasaran).
E. METODE
PEMBELAJARAN
Problem
Base Learning
Strategi
: Menyimak, diskusi kelompok, praktek, studi pustaka
F.MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
·
Power
point presentation
·
-Film
·
-Gambar
2.
Alat/Bahan
·
computer
·
LCD
·
Alat
dan bahan praktek pengolahan
3. Sumber
Belajar
·
Suara
guru
·
Buku
Teknologi Pengolahan Pangan
·
Buku
Teknologi Pengawetan
·
Internet
G.LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
dan ke-2 (4 JP)
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis
·
Guru
dan siswa tanya jawab mengenai pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan untuk melakukan tugas dalam pembelajaran
·
Siswa
membentuk kelompok belajar , setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
2. Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa
melakukan pencarian infomasi tentang penerapan pinsip dasar pengolahan produk
perkebunan tanaman semusim melalui buku/media cetak/internet
·
Guru
memfasilitasi dan membimbing siswa dalam pengamatan
·
Guru
mengamati keaktifan siswa
Menanya
·
Siswa
mengajukan pertanyaan tentang masalah yang kurang dipahami berkaitan dengan penerapan
prinsip dasar pengolahan produk hasil perkebunan tanaman semusim
·
Guru
menjawab pertanyaan siswa
·
Siswa
membuat catatan ringkas tentang penerapan prinsip dasar pengolahan produk hasil
perkebunan tanaman semusim
3. Kegiatan
Penutup
·
Siswa
dengan bimbingan guru melakukan penarikan kesimpulan terhadap materi pelajaran
saat itu
·
Guru
melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari
Pertemuan
ke-3 s.d ke-9 (14 JP)
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis
·
Guru
mereviu materi sebelumnya .
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan untuk melakukan tugas dalam pembelajaran
·
Siswa
membentuk kelompok belajar , setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
·
Siswa
membaca teks Lembar kerja (Job Sheet)
2. Kegiatan
Inti
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Siswa
melakukan identifikasi prosedur pengolahan produk hasil perkebunan tanaman
semusim
·
Siswa
menyiapkan alat dan bahan pengolahan
·
Siswa
melakukan praktik mengolah hasil perkabunan tanaman semusim
·
Guru
memfasilitasi dan membimbing kelompok dalam praktek
·
Siswa
mencatat semua hasil praktikum
·
Siswa
menjawab pertanyaan pada lembar kerja dan menyajikan dalam laporan tertulis
·
Siswa
membuat laporan hasil praktek, dan penarikan kesimpulan
3. Kegiatan
Penutup
·
Siswa
dengan bimbingan guru melakukan analisis terhadap prosedur pengolahan hasil
perkebunan tanaman semusim
·
Guru
melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari
Pertemuan
ke-10 (2 JP)
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis
·
Guru
mereviu materi sebelumnya .
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan untuk melakukan tugas dalam pembelajaran
·
Siswa
membentuk kelompok belajar , setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang sesuai
dengan kelompok saat praktikum
2. Kegiatan
Inti
Mengkomunikasikan
·
Siswa
(tiap kelompok) menyampaikan atau mempresentasikan laporan hasil praktek kepada
teman sekelasnya
·
Siswa
kelompok lain menanya/menyanggah/memberi masukan tentang masalah sekitar yang
di praktikan
3. Kegiatan
Penutup
·
Siswa
dengan bimbingan guru melakukan penarikan kesimpulan terhadap pengolahan hasil perkebunan tanaman semusim
·
Guru
melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari
H. Penilaian
1.
Jenis/Teknik Penilaian
·
Sikap
(melalui rubrik pengamatan sikap selama pembelajaran)
·
Pengetahuan
: tes tertulis
2. Bentuk
Instrumen
Instrumen
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
Keterangan :
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten
3 = mulai konsisten
4 = konsisten
5 = selalu konsisten
Ciamis,
Juli 2014
Kepala SMKN 1 Cipaku Guru
Produktif
Drs. H. cacah Cahyana, M.Pd Nurhamid, S.TP
NIP. 19570918 198403
1 002 NIP.
19740531 200901 1 004
No comments:
Post a Comment
Komentar