Saturday 2 December 2017

analisis Ki-KD dasar proses pengolahan hasil petanian


Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Kompetensi Inti (KI)
Kelas X
Kompetensi Dasar (KD)
Keterangan*)
Dimensi
Kualifikasi Kemampuan
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
·        Meyakinibahwasemuailmu yang dipelajaripadaTeknikListriksebagaianugrahTuhan yang tidakternilaidanpastimendatangkankemanfaatanbagimanusia.

KD 1.1 Meyakini merupakan gradasi  satutingkatdibawah menghayati,  belum terkait KI-1 yaitu menghayati dan mengamalkan.



2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia  
2.1  Disiplinselamamelakukanberbagaiaktivitaspembelajaran.

2.2  Bertanggungjawabterhadapkeselamatandankemajuandirisendiri, orang lain, danlingkungansekitar, sertadalampenggunaansaranadanprasaranapembelajaran.
2.3  Menghargaiperbedaankarakteristik individual dalammelakukanberbagaiaktivitasfisik.


2.4  Menunjukkankemauanbekerjasamadalammelakukanberbagaiaktivitaspembelajaran.

2.5  Toleransidanmauberbagidengantemandalampenggunaanperalatandankesempatan.

KD 2.1 Disiplin melakukan merupakan gradasi  mengamalkan, terkait dengan KI-2 menghayati dan mengamalkan.
KD 2.2 Bertanggung-jawabmerupakan gradasi  mengamalkan, terkait dengan KI-2 menghayati dan mengamalkan.




KD 2.3Menghargai merupakan gradasi  dibawah menghayati,  belum sesuai KI-1 yaitu menghayati dan mengamalkan.
KD 2.4Menunjukkan kemauan merupakan gradasi  mengamalkan, sesuai dengan KI-2 menghayati dan mengamalkan.
KD 2.5 Toleransi dan mau berbagi merupakan gradasi  mengamalkan, sesuai dengan KI-2 menghayati dan mengamalkan.

Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab, serta dampak fenomena dan kejadian.
KI 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1. Menerapkanprinsipteknikkonversibahan
3.1.1.   Pengecilanukuran

Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
KI 4. Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahabstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.
4.1       Melakukanteknikkonversibahan
4.1.1. Melakukanpengecilanukuran

Melakukan,termasukranahkongkritmencoba (K3)  belumsampaipadamenalardan ,menyajisepertituntutat K I 4
Saran; ditingkatkanpadamenalar (K4)






ANALISIS SKL, KI DAN KD MAPEL
DASAR-DASAR PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN DAN PERIKANAN


No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...