Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
|
Kompetensi Inti (KI)
Kelas X
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Keterangan*)
|
|
Dimensi
|
Kualifikasi Kemampuan
|
|||
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
·
Meyakinibahwasemuailmu yang
dipelajaripadaTeknikListriksebagaianugrahTuhan yang
tidakternilaidanpastimendatangkankemanfaatanbagimanusia.
|
KD
1.1 Meyakini
merupakan gradasi satutingkatdibawah
menghayati, belum terkait KI-1 yaitu
menghayati dan mengamalkan.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1
Disiplinselamamelakukanberbagaiaktivitaspembelajaran.
2.2
Bertanggungjawabterhadapkeselamatandankemajuandirisendiri,
orang lain, danlingkungansekitar, sertadalampenggunaansaranadanprasaranapembelajaran.
2.3
Menghargaiperbedaankarakteristik
individual dalammelakukanberbagaiaktivitasfisik.
2.4
Menunjukkankemauanbekerjasamadalammelakukanberbagaiaktivitaspembelajaran.
2.5
Toleransidanmauberbagidengantemandalampenggunaanperalatandankesempatan.
|
KD
2.1 Disiplin melakukan merupakan gradasi
mengamalkan, terkait
dengan KI-2 menghayati dan mengamalkan.
KD
2.2
Bertanggung-jawabmerupakan
gradasi mengamalkan, terkait dengan KI-2
menghayati dan mengamalkan.
KD
2.3Menghargai
merupakan gradasi dibawah
menghayati, belum sesuai KI-1 yaitu
menghayati dan mengamalkan.
KD
2.4Menunjukkan kemauan
merupakan gradasi mengamalkan, sesuai
dengan KI-2 menghayati dan mengamalkan.
KD
2.5
Toleransi dan mau berbagi merupakan gradasi mengamalkan, sesuai dengan KI-2 menghayati
dan mengamalkan.
|
||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, dan
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab, serta dampak fenomena dan kejadian.
|
KI 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1. Menerapkanprinsipteknikkonversibahan
3.1.1. Pengecilanukuran
|
|
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang
efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari
yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
KI 4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahabstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.
|
4.1 Melakukanteknikkonversibahan
4.1.1.
Melakukanpengecilanukuran
|
Melakukan,termasukranahkongkritmencoba
(K3) belumsampaipadamenalardan
,menyajisepertituntutat K I 4
Saran;
ditingkatkanpadamenalar (K4)
|
|
|
|
|
|
ANALISIS SKL, KI DAN
KD MAPEL
DASAR-DASAR
PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN DAN PERIKANAN
No comments:
Post a Comment
Komentar