Saturday 2 December 2017

RPP dasar pengolahan dan pengawetan hasil pertanian




        


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                No                                          :  01
                Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Cipaku
                Mata Pelajaran                 :  Dasar –dasar pengolahan dan pengawetan  hasil pertanian
Kelas/Semester                                :  X / I
Alokasi Waktu                   : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi :  Dasar- dasar pengawetan dan pengolahan hasil pertanian
Kompetensi Dasar     : Regulasi penggunaan food additive dan food preservative (BTM)
Indikator                    : 
1.      Mengetahui definisi Bahan Tambahan Makanan (BTM)
2.      Mengetahui manfaat dari BTM pada makanan
3.      Mengetahui macam-macam BTM
4.      Mengetahui dampak penggunaan BTM

I.       Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM selesai diharapkan siswa dapat :
1.       Mengetahui definisi BTM
2.      Mengetahui manfaat BTM pada makanan
3.      Menyebutkan macam-macam jenis BTM
4.      Menjelaskan pengaruh dari penambahan BTM

II.    Materi  Pembelajaran
Pertemuan ke I       :  Pewarna makanan
Pertemuan ke II      :  Zat tambahan lain
Pertemuan ke III     :  Pengawet makanan

III.  Model, Pendekatan, Metode Belajar
A.       Model              :
B.      Pendekatan      :  Keterampilan proses
C.      Metode             :  Ceramah, diskusi, demonstrasi, praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke I  
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Mengkondisikan kelas
-          Mengabsen kehadiran siswa
-          Menjelaskan indicator keberhasilan dan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan inti
-          Guru menjelaskan tentang kebijakan mengenai definisi BTM,penggunaan BTM khususnya zat pewarna makanan
-          Siswa menyimak penjelasan guru
-          Guru mengarahkan siswa untuk mendiskusikan tentang pengaruh zat warna pada makanan
-          Siswa mencatat hasil diskusi

c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa secara bersama-sama menyusun kesimpulan pelajaran hari ini
-          Salah seorang siswa membacakan hasil kesimpulan bersama
-          Penutup

Pertemuan ke II
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Pengkondisian kelas
-          Absensi siswa
-          Guru memberi pertanyaan tentang pelajaran minggu lalu
-          Guru menjelaskan indicator dan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti
-          Guru menjelaskan hubungan antara pelajaran minggu lalu dengan pelajaran hari ini
-          Guru menjelaskan tentang zat tambahan makanan lain yang sering digunakan dalam pengolahan pangan
-          Siswa diarahkan untuk mendiskusikan beberapa hal yang diajukan guru
-          Siswa mencatat hasil diskusi

c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa membuat kesimpulan secara bersama-sama
-          Salah seorang siswa membacakan hasil kesimpulan bersama
-          Penutup

Pertemuan ke III
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Pengkondisian kelas
-          Absensi siswa
-          Guru memberi pertanyaan tentang pelajaran minggu lalu
-          Guru menjelaskan indicator dan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan Inti
-          Guru menjelaskan jenis-jenis pengawet baik organic maupun anorganik
-          Siswa menyimak penjelasan guru
-          Siswa diarahkan untuk mendiskusikan penggunaan pengawet pada berbagai jenis makanan dan mekanisme kerja pengawet
-          Siswa mencatat hasil diskusi

c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa membuat kesimpulan secara bersama-sama
-          Salah seorang siswa membacakan hasil kesimpulan bersama
-          Penutup
V.   Sarana dan Sumber Belajar

A.       Bahan dan Alat
Bahan   :  Contoh BTM
Alat       :  Spidol, papan tulis, penghapus, dll

B.       Buku Sumber
1.      Teknologi pangan untuk SMK
2.      Kimia pangan dan gizi
3.      Buku-buku yang relevan

VI. Penilaian
A.       Teknik penilaian
1.       Tertulis                              2.  Lisan                      
B.      Bentuk
1.       Pilihan ganda                    2. Uraian                     3. Uji prosedur

C.      Soal tes formatif
Pertemuan ke I
1.      Apa yang dimaksud dengan bahan tambahan makanan (BTM) ?
2.      Sebutkan macam-macam zat warna yang penggunaannya diperbolehkan dalam makanan !
3.      Apa pengaruh zat warna pada makanan ?
Pertemuan ke II
1.      Sebutkan 5 jenis zat tambahan makanan yang sering digunakan pada pengolahan pangan
2.      Jelaskan fungsi masing-masing zat tambahan makanan pada no. 1 di atas !

Pertemuan ke III

1.      Jelaskan bagaimana mekanisme kerja pengawet pada bahan makanan ?
Jawab:
1.1.Bahan tambahan makanan (BTM ) adalah bahan-bahan yang sengaja ditambahkan selama proses pengolahan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas/mutu
1.2.Sunset yellow FCF, tetrazine, Amaranth, Brilian blue
Alkanat, kl;orofil, caramel, karoten
1.3.Zat warna pada makanan sangat berpengaruh  pada mutu.  Warna makanan yang baik dan menarik akan meningkatkan mutu produk.  Konsumen akan tertarik pada suatu produk dengan melihat warna terlebih dahulu sebelum ke hal lain seperti rasa dan nilai gizi.
2.1.a. zat pengikat logam ; EDTA
b. anti kerak ; kalsium silikat, Ca-stearat
c. zat pemantap; CaCl2, Ca-sitrat
d. zat pemucat; benzoil peroksida
e. pengembang adonan; natrium bikarbonat
            2.2.   a. pengikat logam yang secara alami terdapat pada bahan makanan seperti
Mg, Fe, dll sehingga warna, rasa dan tekstur lebih stabil.
b. anti kerak digunakan untuk melapisi partikel bahan dan menyerap air
    berlebih dan membentuk senyawa tak larut
c. zat pemantap untuk mempertahankan tekstur bahan  agar tidak terlalu
lunak karena pengaruh pengolahan (pemanasan)
d.      pemutih untuk memutihkan/mencerahkan warna gelap pada bahan hasil pertanian (tepung)
e.      pengembang adonan dengan air akan bereaksi membentuk gas CO2 yang terperangkap pada struktur gluten yang elastic sehingga roti akan lebih mengembang saat di panggang.
3.1.Mekanisme pengawet dalam mengawetkan bahan makanan adalah dengan mengendalikan pertumbuhan mikroba pencemar melalui pengendalian pH, kadar air, suhu, jumlah oksigen, dll


Cipaku,  Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Cipaku                                               Guru Mata Pelajaran


Drs. H.  Cacah Cahyana, M.Pd                                                Nurhamid, S.TP
NIP : 19570918 198403 1 002                                     NIP : 19740531 200901 1 004



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                No                                          :  02
                Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Cipaku
                Mata Pelajaran                 :  Dasar –dasar pengolahan dan pengawetan  hasil pertanian
Kelas/Semester                                :  X / I
Alokasi Waktu                   : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi :  Dasar- dasar pengawetan dan pengolahan hasil pertanian
Kompetensi Dasar     : Mendemonstrasikan sampel dasar pengolahan dan pengawetan   bahan hasil pertanian secara fisik
Indikator                    : 
1.      Mengenal pengolahan dan pengawetan secara fisik
2.      Membedakan antar tepung dan pati
3.      Membuat pati dan tepung

I.          Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM selesai diharapkan siswa dapat :
1.      Mengenal pengolahan dan pengawetan secara fisik
2.      Membedakan pati dan tepung
3.      Membuat pati dan tepung secara baik

II.        Materi  Pembelajaran
Pertemuan ke I       :  Pengolahan dan pengawetan secara fisik
Pertemuan ke II      :  Proses pembuatan pati dan tepung

III.  Model, Pendekatan, Metode Belajar
D.      Model              :
E.      Pendekatan      :
F.       Metode             :  Ceramah, diskusi, demonstrasi, praktek

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke I  
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Mengkondisikan kelas
-          Mengabsen kehadiran siswa
-          Menjelaskan indicator keberhasilan dan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan inti
-          Guru menjelaskan tentang perbedaan pengolahan dan pengawetan
-          Guru menjelaskan pengolahan dan pengawetan secara fisik
-          Siswa menyimak penjelasan guru
-          Guru mengarahkan siswa untuk mendiskusikan peralatan yang digunakan dan cara pengawetan secara fisik
-          Siswa mencatat hasil diskusi

c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa secara bersama-sama menyusun kesimpulan pelajaran hari ini
-          Salah seorang siswa membacakan hasil kesimpulan bersama
-          Penutup

Pertemuan ke II
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Pengkondisian kelas
-          Absensi siswa
-          Guru menjelaskan indicator dan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti
-          Guru menjelaskan secara ulang cara pembuatan pati dan tepung
-          Siswa menyimak penjelasan guru
-          Guru dan siswa menyiapkan peralatan yang diperlukan
-          Siswa dibawah bimbingan guru melakukan praktek pembuatan pati dan tepung
-          Siswa membuat laporan sederhana praktikum hari ini

c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa membuat kesimpulan secara bersama-sama
-          Penutup

V.        Sarana dan Sumber Belajar

A.      Bahan dan Alat
Bahan   :  Umbi-umbian (ketela pohon dan ketela rambat)
Alat       :  Timbangan,parut, pisau, penyaring, baskom, alat penjemur, blender, air,
  dll

B.      Buku Sumber
1.      Teknologi pangan untuk SMK
2.      Kimia pangan dan gizi
3.      Buku-buku yang relevan

D.     Penilaian
A.       Teknik penilaian
1.       Tertulis                                    2.  Lisan                       3. Unjuk kerja             
B.      Bentuk
1.      Pilihan ganda               2. Uraian                     3. Uji prosedur

C.      Soal tes formatif
1.      Apa perbedaan pengolahan dan pengawetan?
2.      Apa perbedaan pati dan tepung ?
3.      Buat diagram alir proses pembuatan pati dan tepung!

Jawab
1.       Pengolahan adalah proses perubahan bentuk dan sifat suatu bahan hasil pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan nilai tambah
Pengawetan adalah proses pengolahan yang bertujuan untuk memperpanjang umur simpan
2.      Pati adalah serbuk putih hasil ekstraksi  dari suatu bahan hasil pertanian sumber karbohidrat
Tepung adalah serbuk hasil penghancuran bahan hasil pertanian yang melalui proses pengringan dan pengayakan.
3.      Diagram alir pembuatan tepung dan pati
Bahan
Kulit dikupas
Di cuci
Diparut                                 diekstraksi
Dijemur                                                disaring
Dihancurkan                                       diendapkan
Di ayak                                                  dijemur
Tepung                                 dihancurkan
                                                                Diayak
                                                                Pati

                                                                                   


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                No                                          :  03
                Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Cipaku
                Mata Pelajaran                 :  Dasar-dasar pengolahan dan pengawetan  hasil pertanian
Kelas/Semester                                :  X / I
Alokasi Waktu                   : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi :  Dasar-dasar pengolahan dan pengawetan bahan hasil pertanian
Kompetensi Dasar     : Mendemonstrasikan sampel dasar pengolahan dan pengawetan  secara mikrobiologis
Indikator                    : 
1.      Mengenal pengolahan dan pengawetan secara mikrobiologis
2.      Mengenal peralatan dan bahan yang digunakan dalam pembuatan tempe
3.      Membuat tempe secara baik

I.      Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM selesai diharapkan siswa dapat :
1.      Mengetahui pengolahan dan pengawetan secara mikrobiologis
2.      Mengetahui peralatan yang dipergaunakan dalam pengolahan dan pengawetan secara mikrobiologis (dalam pembuatan tempe)
3.      Melakukan proses pembuatan tempe secara baik
4.      Memberikan contoh produk yang diolah dan diawetkan secara mikrobiologis

II.    Materi  Pembelajaran
Pertemuan ke I       :  Pengolahan dan pengawetan secara mikrobiologis
Pertemuan ke II      :  Pengenalan alat dan bahan, serta proses bagian I
Pertemuan ke III     :  Proses bagian II dan analisis hasil

III.  Model, Pendekatan, Metode Belajar
A.       Model             :
B.      Pendekatan     :  CTL
C.      Metode            :  Ceramah, diskusi, demonstrasi, praktek

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke I  
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Mengkondisikan kelas
-          Mengabsen kehadiran siswa
-          Menjelaskan indicator keberhasilan dan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan inti
-          Guru menjelaskan cara pengolahan dan pengawetan secara mikrobiologis
-          Guru menjelaskan mikroorganisme yang berperan dalam pengolahan dan pengawetan secara mikrobiologis
-          Siswa menyimak penjelasan guru
-          Siswa mendiskusikan  contoh-contoh bahan pangan yang diolah secara mikrobiologis
-          Siswa membuat catatan  hasil diskusi
c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa secara bersama-sama menyusun kesimpulan pelajaran hari ini
-          Salah seorang siswa membacakan hasil kesimpulan bersama
-          Penutup
Pertemuan ke II
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Pengkondisian kelas
-          Absensi siswa
-          Guru memberi pertanyaan tentang pelajaran minggu lalu
-          Guru menjelaskan indicator dan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti
-          Guru menjelaskan proses pembuatan temped an peralatan yang dipergunakan
-          Siswa menyimak penjelasan guru
-          Siswa diarahkan ke laboratorium untuk menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan
-          Siswa melakukan praktek pembuatan tempe tahap I, yaitu pemilihan bahan, penimbangan, pembersihan, pencucian, perebusan tahap I dan perendaman.
-          Siswa mendiskusikan perubahan-perubahan yang terjadi selama proses berlangsung
-          Siswa mencatat hasil diskusi

c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa membuat kesimpulan secara bersama-sama
-          Salah seorang siswa membacakan hasil kesimpulan bersama
-          Penutup
Pertemuan ke III
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Pengkondisian kelas
-          Absensi siswa
-          Guru memberi pertanyaan tentang pelajaran minggu lalu
-          Guru menjelaskan indicator dan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti
-          Guru mengarahkan siswa untk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
-          Siswa dibawah bimbingan guru melanjutkan pekerjaan sebelumnya yang belum selesai, yaitu : pencucian,pembuangan kulit, perebusan, pendinginan, peragian, pembuingkusan dan inkubasi.
-          Siswa mengamati hasil praktek (tempe) yang diperoleh 2 hari kemudian.

c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa membuat kesimpulan secara bersama-sama
-          Salah seorang siswa membacakan hasil kesimpulan bersama
-          Penutup

V.        Sarana dan Sumber Belajar

A.       Bahan dan Alat
Bahan   :  kedelai, ragi tempe
Alat       :  Baskom, panci , tampah, daun pisang, plastic, kompor, pisau, sealer,
   air,timbangan , dll

B.      Buku Sumber
1.      Teknologi pangan untuk SMK
2.      Pengantar Mikrobiologi
3.      Modul pembuatan tempe
4.      Buku-buku yang relevan

VI.      Penilaian
A.      Teknik penilaian
1.      Tertulis                         2.  Lisan                       3.  Unjuk kerja
B.      Bentuk
1.      Pilihan ganda               2. Uraian                     3. Uji prosedur

C.      Soal tes formatif
1.       Sebutkan mikrobia apa saja yang berperan dalam pengolahan dan pengawetan secara mikrobiologis?
2.      Sebutkan contoh produk makanan yang diolah menggunakan jasa mikrobiologis?
3.      Bahan dan alat apa saja yang diperlukan dalam proses pembuatan tempe?
4.      Buat diagram alir proses pembuatan tempe!



Jawab
1.      Bakteri, kapang dan yeast
2.      Tempe, yogurt, tape, yakult, roti, asinan kubis, dll
3.      Bahan        :  kedelai, ragi tempe
Alat            :  Baskom, panci , tampah, daun pisang, plastic, kompor, pisau, sealer, dll
4.      Diagram alir pembuatan tempe.

Kedelai di timbang

Dibersihkan dan dicuci

Direbus selama 30 menit

Dinginkan dan direndam
Selama 24 jam

Pencucian

Pengupasan kulit

Perebusan ke II

Tiriskan

Peragian

Pembungkusan

Inkubasi selama 48 jam

Tempe

Cipaku,  Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Cipaku                                                           Guru Mata Pelajaran


Drs. H.  Cacah Cahyana, M.Pd                                                            Nurhamid, S.TP
NIP : 19570918 198403 1 002                                                 NIP : 19740531 200901 1 004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                No                                          :  04
                Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Cipaku
                Mata Pelajaran                 :  Dasar –dasar pengolahan dan pengawetan  hasil pertanian
Kelas/Semester                                :  X / I
Alokasi Waktu                   : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi :  Dasar- dasar pengawetan dan pengolahan hasil pertanian
Kompetensi Dasar     : Mendemonstrasikan sampel dasar pengolahan dan pengawetan  bahan hasil pertanian secara kimia
Indikator                    : 
1.      Mengenal pengolahan dan pengawetan secara kimia
2.      Mempersiapkan alat dan bahan untuk pembuatan telur asin
3.      Membuat telur asin

·           Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM selesai diharapkan siswa dapat :
1.      Mengenal pengolahan dan pengawetan secara kimia
2.      Mempersiapkan alat dan bahan untuk pembuatan telur asin
3.      Membuat telur asin secara baik

·           Materi  Pembelajaran
Pertemuan ke I       :  Pengolahan dan pengawetan secara kimia
Pertemuan ke II      :  Proses pembuatan telur asin

·       Model, Pendekatan, Metode Belajar
A.      Model              :
B.      Pendekatan     :
C.      Metode            :  Ceramah, diskusi, demonstrasi, praktek

D.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke I  
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Mengkondisikan kelas
-          Mengabsen kehadiran siswa
-          Menjelaskan indicator keberhasilan dan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan inti
-          Guru menjelaskan pengolahan dan pengawetan secara kimia
-          Siswa menyimak penjelasan guru
-          Guru memberikan contoh-contoh bahan kimia yang sering dipergunakan dalam pengolahan secara kimia
-          Siswa mendiskusikan beberapa contoh produk yang menggunakan bahan kimia dalam pengolahan dan pengawetan
-          Siswa mencatat hasil diskusi

c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa secara bersama-sama menyusun kesimpulan pelajaran hari ini
-          Salah seorang siswa membacakan hasil kesimpulan bersama
-          Penutup

Pertemuan ke II
a.      Kegiatan awal
-          Pembukaan
-          Pengkondisian kelas
-          Absensi siswa
-          Guru menjelaskan indicator dan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti
-          Guru menjelaskan secara ulang cara telur asin
-          Siswa dan guru mempersiapkan alat dan bahan
-          Di bawah bimbingan guru, siswa melakukan proses pengolahan dan pengawetan  telur asin
-          Setelah 10 hari, siswa mengamati warna, rasa, aroma dan tekstur telur asin
-          Siswa mencatat hasil praktek.
c.       Kegiatan akhir
-          Guru dan siswa membuat kesimpulan secara bersama-sama
-          Penutup

E.         Sarana dan Sumber Belajar

-          Bahan dan Alat
Bahan   :  Telur, garam, serbuk bata merah, air
Alat       :  Timbangan,gelas ukur, dll

-          Buku Sumber
1.      Teknologi pangan untuk SMK
2.      Kimia pangan dan gizi
3.      Buku-buku yang relevan

F.         Penilaian
A.      Teknik penilaian
1.      Tertulis                               2.  Lisan                       3. Unjuk kerja 
B.      Bentuk
1.      Pilihan ganda                     2. Uraian                     3. Uji prosedur
C.      Soal tes formatif
1.      Sebutkan contoh bahan kimia yang dapat digunakan sebagai bahan pengawet baik organic maupun anorganik?
2.      Bagaimana mekanisme garam dapat berfungsi sebagai pengawet?
3.      Buat diagram alir proses pembuatan telur asin!
4.      Bagimana cirri-ciri telur asin yang baik?

Jawab
1.      A. pengawet organic; asam asetat, gula, asam benzoate, asam sorbet, asam propionate.
B. pengawet anorganik; sulfit, nitrat, nitrit, NaCl
2.      Garam dapat berfungsi sebagai pengawet karena garam dapat  menghambat/membunuh mikroorganisme melalui proses plasmolisis (pecahnya membrane sel diikuti keluarnya cairan sel) diikuti kareolisa (sel keriput dan mati).
3.      Telur-bersihkan dan cuci - dipelas - direndam dlm campuran abu:garam:air - diamkan 10 hari - cuci bersih - rebus 30 menit - telur asin.
4.      Ciri telur asin yang baik:
Warna          : kuning terang-kuning kecoklatan
Rasa             : asin merata
Aroma          : khas telur asin
Tekstur         : kenyal
                                                                                                           Cipaku,  Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Cipaku                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H.  Cacah Cahyana, M.Pd                                                        Nurhamid, S.TP
NIP : 19570918 198403 1 002                                                        NIP : 19740531 200901 1 004



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                 No                                          :  05
                Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Cipaku
                Mata Pelajaran                 :  Dasar –dasar pengolahan dan pengawetan  hasil pertanian
    Kelas/Semester                :  X / I
    Alokasi Waktu                   : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi :  Dasar- dasar pengawetan dan pengolahan hasil pertanian
Kompetensi Dasar     : Mendemonstrasikan sampel dasar pengolahan dan pengawetan  bahan hasil pertanian secara Biokimia
Indikator                    : 
1.      Mengenal pengolahan dan pengawetan secara biokimia
2.      Mempersiapkan alat dan bahan untuk pembuatan jam
3.      Membuat jam

·           Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM selesai diharapkan siswa dapat :
1.      Mengenal pengolahan dan pengawetan secara biokimia
2.      Mempersiapkan alat dan bahan untuk pembuatan jam
3.      Membuat jam secara baik

·           Materi  Pembelajaran
·                     Teliti, cermat, bertanggungjawab
·                     Jenis bahan baku dan bahan pembantu  yang digunakan
·                     Jumlah bahan baku dan bahan pembantu yang dibutuhkan
·                     Menghitung jumlah bahan baku dan bahan pembantu yang dibutuhkan
·                     Peralatan  utama dan penunjang disiapkan seseuai  dengan SOP
·                     Mengidentifikasi semua peralatan sehingga sesuai dengan SOP alat
·                     Cara mengidentifikasi kinerja peralatan, proses dan produk agar tidak terjadi penyimpangan
·                     Kriteria mutu hasil
·                     Prosedur penghentian proses produksi jam

·       Model, Pendekatan, Metode Belajar
A.      Model              :
B.      Pendekatan     : keterampilan proses
C.      Metode            :  Ceramah, diskusi, demonstrasi, praktek



D.   Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Pendahuluan                                
·         Menertibkan situasi kelas
·         Memeriksa kehadiran siswa
·         Apresiasi   :   Siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang    
                             berhubungan dengan produksi jam
·         Motivasi  :  Guru menjelaskan keuntungan pengolahan jam dalam pengawetan hasil buah-buahan
B.  Kegiatan Inti      
 1.  Guru
·               Membagikan job sheet produksi jam
·               Menjelaskan proses produksi jem
·               Diskusi tentang proses pembuatan jem
·         Menguraikan titik-titik pengendali yang harus dipantau dan manfaat yang akan diperoleh
·         Menguraikan spesifikasi proses produksi manisan buah dan persyaratan produksi yang harus dipenuhi
·               Menguraikan kriteria mutu hasil yang harus diraih
·         Menjelaskan cara mengidentifikasi kinerja peralatan, proses dan produk agar tidak terjadi penyimpangan
·               Menguraikan prosedur penghentian proses produksi jam
·               Menjelaskan cara mengenali produk yang tidak sesuai dengan spesifikasi

2.       Siswa
·         Menyimak Penjelasan guru
·         Diskusi masalah membuat jam
·         Melakukan produksi jam sampai tuntas
               
C . Kegiatan Akhir            
·         Diskusi tentang hasil akhir proses pembuatan jem
·         Siswa ditugaskan untuk mencari referensi tentang pengolahan jam
·         Siswa membuat laporan hasil kegiatan dalam pembuatan jem

E.         Sarana dan Sumber Belajar

A.      Bahan dan Alat
Buah-buahan                             Gula pasir                                             Asam Sitrat
-      Air                                                     Sodium Benzoat                                Gelas jam
-      Kertas label                                   Panci email                                          Siduk kayu        
-      Blender                                           Kain lap                                                 Tampah
-      Baskom                                           Panci                                                      Sendok
-      Termometer                                 Refrektometer                                  Timbangan
-      Literan air                                       Pisau                                                      Mistar
-      Kompor gas
B.      Buku Sumber
1.      Teknologi pangan untuk SMK
2.      Kimia pangan dan gizi
3.      Buku-buku yang relevan

C.        Penilaian
A.      Teknik penilaian
1.      Tertulis                               2.  Lisan                       3. Unjuk kerja             
B.      Bentuk
1.      Pilihan ganda                     2. Uraian                     3. Uji prosedur

C.      Soal tes formatif
1.       Bahan untuk jem harus mengandung pektin, apakah fungsi pektin dalam pembuatan jem ?
2.       Tuliskan beberapa bahan yang memiliki kandungan pektin yang tinggi !
3.       Jelaskan ciri-ciri bahan  yang baik untuk dibuat jem !
4.       Tuliskan bagan proses pembuatan jem ?
5.       Tuliskan beberapa cara untuk mengetahui jem sudah masak ?
6.       Berapakah perbandingan antara gula dan filtrat untuk mendapatkan hasil jem yang baik ?
7.       Jelaskan prosedur pengemasan jem agar tahan lama !
8.       Apakah fungsi ekhausting ketika pengemasan pada botol ?
9.       Tuliskan informasi yang dibuat dalam sebuah label !
10.   Mengapa alat produksi sebelum dan sesudah praktek harus dalam keadaan bersih, jelaskan ?
     
No
Jawaban
Skor
1.
Untuk merekatkan antara gula dan filtrat sehingga tidak terpisah
1,5
2.
Buah pepaya, mangga, nenas, strowbery
1
3.
Matang optimal, tidak busuk
0,5
4.
Pemilihan bahan-pengupasan-pencucian- penghancuran-pencapuran dengan gula-pemasakan-pengemasan
1,5
5.
Dengan tes spon, mengukur volume, reflaktometer, BJ
1
6.
55% : 45%
0,5
7.
Kemas dalam kondisi pana, tidak tercecer, volume disesuaikan dengan kapasitas wadah
1
8.
Untuk membuang udara yang terjebak dalam jem
0,5
9.
Nama produk, produsen, tanggal produk, komposisi bahan, tanggal kadaluarsa dan berat bersih
1,5
10.
Untuk mendapatkan produk sesuai dengan prinsip Good manufaktur Product (GMP) yang disyaratkan dalam industri makanan
1

Jumlah
10

                                                Jumlah Skor yang diperoleh
                Nilai  ----------------------------------------------  x 100
                                                Jumlah skor total


Nama Peserta : …………





Nis                 : …………





No
Komponen
Indikator
Penilaian

Keberhasilan
Ya
Tidak


9
8
7


1
Menyiapkan bahan
Buah-buahan yang terpilih memenuhi kriteria :






a. Memilih bahan
1. Matang optimal







2. Tidak busuk






b. Menghilangkan bagian yang tidak dapat diolah
Hasil kupasan bebas dari bagian yang tidak dapat diolah





2
Menghacurkan buah
Buah hancur menjadi bubur buah dan seragam





3
Memanaskan bubur buah







a. menambahkan gula
Perbandingan antara bubur buah dan gula 45:55





4
Memanaskan bubur buah
Hasil panas bubur buah dan gula memenuhi







kriteria :







1. Bubur buah dan bula dipanaskan







2. Kadar gula bubur hasil pemanasan 65%







3. Tidak gosong dan bau hangit







4. Warna jem yang dihasilkan cerah





5
Pewadahan
Jem diisikan dalam wadah dengan kriteria :







1. Dalam kondisi panas







2. Tidak tercecer







3. Volume sesuai dengan kapasitas wadah





6
Melakukan ekhausting
Jem dalam wadah dilakukan ekhausting selama







10-15 menit pada suhu 80 o C





7
Penutupan wadah
Jem tertutup rapat







Dilakukan sterilisasi selama 30 menit pada suhu







100 oC





8
Melakukan sanitasi
a.      Sanitasi alat







         1.   Alat bersih







         2.   Alat tidak rusak







b.      Sanitasi Lingkungan







          1. Limbah cair di tempatkan pada wadah







               yang telah disediakan







          2. Limbah padat dibuang pada tempat







               yang telah ditentukan







           3. Sisa bahan disimpan pada tempat yang







               telah disediakan





 10
 Menguji Mutu jam secara organoleptik
Pengujian organoleptik :







1.    warna







2.    penampakan







3.    bau







4.    rasa













                Nilai Maksimum praktek  9



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                No                                          :  06
                Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Cipaku
                Mata Pelajaran                 :  Dasar –dasar pengolahan dan pengawetan  hasil pertanian
Kelas/Semester                                :  X / I
Alokasi Waktu                   : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi :  Dasar- dasar pengawetan dan pengolahan hasil pertanian
Kompetensi Dasar     : Mendemonstrasikan sampel dasar penggunaan food additive dan food preservative
Indikator                    : 
1.      Mengenal berbagai macam food additive dan food preservatif
2.      Mempersiapkan alat dan bahan untuk pembuatan sale pisang
3.      Membuat sale pisang

·           Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM selesai diharapkan siswa dapat :
1.      Mengenal macam-macam food additive dan food preservative
2.      Mempersiapkan alat dan bahan untuk pembuatan sale pisang
3.      Membuat sale pisang  secara baik

·           Materi  Pembelajaran
·                     Teliti, cermat, bertanggungjawab
·                     Siapkan alat dan bahan
·                     Kupas pisang setelah dipisahkan dari tandannya
·                     Masukkan ke dalam larutan Natrium benzoat 0,05 % selama 5 menit
·                     Tiriskan
·                     Jemur selama 1 hari kemudian sedikit pipihkan
·                     Penjemuran terus dilakukan sampai kadar air yang dikehendaki
·                     Kemas pisang (sale ) dengan baik
·                     Bersihkan dan bereskan kembali alat setelah praktek

·       Model, Pendekatan, Metode Belajar
A.      Model              :
B.      Pendekatan     : keterampilan proses
C.      Metode            :  Ceramah, diskusi, demonstrasi, praktek


D.   Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Pendahuluan                                
·         Menertibkan situasi kelas
·         Memeriksa kehadiran siswa
·         Apresiasi   :   Siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang    
                             berhubungan dengan produksi sale
·         Motivasi  :  Guru menjelaskan keuntungan pengolahan saledalam pengawetan hasil buah-buahan
B.  Kegiatan Inti      
 1.  Guru
·               Menjelaskan proses produksi sale
·               Diskusi tentang proses pembuatan sale
·         Menguraikan titik-titik pengendali yang harus dipantau dan manfaat yang akan diperoleh
·         Menguraikan spesifikasi proses produksi sale  dan persyaratan produksi yang harus dipenuhi
·               Menguraikan kriteria mutu hasil yang harus diraih
·         Menjelaskan cara mengidentifikasi kinerja peralatan, proses dan produk agar tidak terjadi penyimpangan
·               Menguraikan prosedur penghentian proses produksi sale
·               Menjelaskan cara mengenali produk yang tidak sesuai dengan spesifikasi
3.       Siswa
·         Menyimak Penjelasan guru
·         Diskusi masalah membuat sale
·         Melakukan produksi sale sampai tuntas
C . Kegiatan Akhir            
·         Diskusi tentang hasil akhir proses pembuatan sale
·         Siswa ditugaskan untuk mencari referensi tentang pengolahan sale
·         Siswa membuat laporan hasil kegiatan dalam pembuatan sale
E.         Sarana dan Sumber Belajar

A.      Bahan dan Alat
- Tampah                                              - Pisang masak
- Merang padi                                      - Natrium benzoat
- Pisau
- Talenan

B.      Buku Sumber
1.      Teknologi pangan untuk SMK
2.      Kimia pangan dan gizi
3.      Buku-buku yang relevan

C.        Penilaian
A.      Teknik penilaian
2.      Tertulis                               2.  Lisan                       3. Unjuk kerja             
B.      Bentuk
2.      Pilihan ganda                     2. Uraian                     3. Uji prosedur

C.      Soal tes formatif
1.       Apa yang dimaksud dengan zat pengawet ?
2.       Apa yang dimaksud dengan food additives?
3.       Sebutkan tiga (3) contoh bahan yang termasuk bahan pengawet!
4.       Buat diagram alir proses pembuatan sale pisang

Jawab;
1.       Zat pengawet adalah senyawa kimia yang menghambat segala macam perubahan pada bahan makanan yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme (tidak termasuk pengawet alami).
2.       Food additive adalah bahan-bahan yang ditambahkan dengan sengaja kedalam bahan-bahan makan da biasanya dalam jumlah sedikit yang berguna untuk memperbaiki warna, flavor, tekstur atau memperpanjang mas simpan.
3.       Contoh zat pengawet; asam benzoat, asam format, natrium benzoat
4.       Diagram alir pembuatan sale pisang

Pisang masak

Dikupas

Direndam dalam larutan Na benzoat 0.05%

Tiriskan

Jemur

Pipihkan

Kemas
                                                                                                Cipaku,  Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Cipaku                                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H.  Cacah Cahyana, M.Pd                                                                     Nurhamid, S.TP
NIP : 19570918 198403 1 002                                                                        NIP : 19740531 200901 1 004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                No                                          :  07
                Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Cipaku
                Mata Pelajaran                 :  Dasar –dasar pengolahan dan pengawetan  hasil pertanian
Kelas/Semester                                :  X / I
Alokasi Waktu                   : 9 x 45 menit
Standar Kompetensi :  Dasar- dasar pengawetan dan pengolahan hasil pertanian
Kompetensi Dasar     : Menguji secara inderawi hasil perlakuan dasar pengolahan
Indikator                    : 
1.      Memahami tentang uji inderawi
2.      Mempersiapkan alat dan bahan untuk melakukan uji inderawi
3.      Melakukan uji inderawi
·           Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM selesai diharapkan siswa dapat :
1.      Memahami tentang uji inderawi
2.      Mempersiapkan alat dan bahan untuk melakukan uji inderawi
3.      Melakuka uji iderawi
·           Materi  Pembelajaran
·                     Teliti, cermat, bertanggungjawab
·                     Siapkan alat dan bahan
·                     Lakukan pengujian terhadap warna, rasa dan aroma, tekstur
·                     Pengujian warna dilakukan dengan cara sampel ditempatkan di atas bahan warna putih
·                     Pengujian rasa dilakukan dengan cara di cecap terhadap sampel
·                     Pengujian aroma dilakukan dengan cara mencium terhadap sampel
·                     Pengujian tekstur dilakukan dengan cara pengunyahan terhadap sampel
·                     Hasil uji inderawi dilakukan analisis secara sederhana
·       Model, Pendekatan, Metode Belajar
A.      Model              :
B.      Pendekatan     :  keterampilan proses
C.      Metode            :  Ceramah, diskusi, demonstrasi, praktek
D.     Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Pendahuluan                                
·         Menertibkan situasi kelas
·         Memeriksa kehadiran siswa
·         Apresiasi   :   Siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang    
                             berhubungan dengan uji inderawi
·         Motivasi  :  Guru menjelaskan tentang uji iderawi
B.  Kegiatan Inti      
1.       Guru
·               Menjelaskan cara melakukan uji inderawi
·               Menjelaskan kriteria mutu yang dapat dilakukan dengan uji inderawi

3.       Siswa
·         Menyimak Penjelasan guru
·         Diskusi masalah membuat sale
·         Melakukan produksi sale sampai tuntas
C . Kegiatan Akhir            
·         Diskusi tentang hasil akhir proses pembuatan sale
·         Siswa ditugaskan untuk mencari referensi tentang pengolahan sale
·         Siswa membuat laporan hasil kegiatan dalam pembuatan sale

E.         Sarana dan Sumber Belajar
A.      Bahan dan Alat
- plastik bening                                     - kertas warna putih
- pisang sale                                         - format isian
- Pisau
- Talenan

B.      Buku Sumber
1.      Teknologi pangan untuk SMK
2.      Kimia pangan dan gizi
3.      Buku-buku yang relevan

C.        Penilaian
A.      Teknik penilaian
1.      Tertulis                               2.  Lisan                       3. Unjuk kerja             
B.      Bentuk
1.      Pilihan ganda                     2. Uraian                     3. Uji prosedur
C.      Soal tes formatif
1.        Lakukan uji inderawi terhadap sale pisang dengan penambahan natrium benzoat  dan sale pisang tanpa perlakuan (kontrol).
Kode ; 213 = kontrol
Kode; 516 = sale dengan perlakuan Na benzoat
2.       Lakukan analisis secara sederhana!




Jawab;
No
Faktor yang diuji
Skala
213
516
Keterangan
1
Warna
1
2
3
4


Sangat Kuning
Kuning
Agak coklat
coklat
2
rasa
1
2
3
4


Sangat Manis
Manis
Agak manis
masam
3
Aroma
1
2
3
4


Sangat Harum (khas sale)
Harum
Agak harum
Tidak harum
4
Tekstur
1
2
3
4


Sangat Kenyal
Kenyal
Agak kenyal
Tidak kenyal

3.        Lakukan pengujian dengan uji pembedaan .


                                                                                                                        Cipaku,     Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Cipaku                                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H.  Cacah Cahyana, M.Pd                                                                     Nurhamid, S.TP
NIP : 19570918 198403 1 002                                                                        NIP : 19740531 200901 1 004

No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...