Saturday, 26 August 2023

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fase F Kurikulum Merdeka APHP

 


Berikut Contoh penhyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Fase F untuk Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
Semoga Bermanfaat..

ALUR TUJUAN  PEMBELAJARAN (ATP)

 

Nama                          : Nurhamid

Mata Pelajaran          : Kompetensi Kejuruan

Fase                             : F

SekolahAsal                : SMKN 3 BANJAR

 

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN APHP

Elemen

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Konten / Materi

Kode TP

Alokasi jam

Kelas

1.    Produksi olahan hasil hewani

Pada akhir fase F

peserta didik dapat melakukan:

produksi olahan daging/ ikan/telur dan/atau susu dengan cara memilih dan menangani bahan baku dan bahan tambahan untuk proses produksi pengolahan hasil hewani, menyiapkan dan mengoperasikan peralatan, mengendalikan proses dan menilai mutu hasil dengan menggunakan metode konvensional dan/atau alat modern.

 

Peserta didik dapat

Mengidentifikasi, menjelaskan, melaksanakan/menyusun (melakukan)

meniru, mereproduksi, menunjukkan

 produksi olahan daging/ ikan/telur dan/atau susu dengan cara memilih dan menangani bahan baku dan bahan tambahan untuk proses produksi pengolahan hasil hewani, menyiapkan dan mengoperasikan peralatan, mengendalikan proses dan menilai mutu hasil dengan menggunakan metode konvensional dan/atau alat modern.

Mandiri , bernalar kritis

- penanganan bahan baku dan bahan tambahan untuk produksi

- peralatan pengolahan

-pengendalian proses

-Menilai mutu hasil

P1. 11.1

 

 

P1. 11.2

P1. 11.3

P1. 11.4

 

 

25

 

 

20

 

30

15

XI

2.     Produksi olahan hasil nabati

 

Pada akhir fase F

peserta didik dapat:

 

melakukan pemilihan dan penanganan bahan baku dan bahan tambahan untuk proses produksi pengolahan hasil nabati, penyiapan dan pengoperasian peralatan, pengendalian proses dan penilaian mutu hasil dengan menggunakan metode konvensional dan/atau alat modern.

 

Peserta didik dapat  

Mengidentifikasi, menjelaskan, melaksanakan/menyusun (melakukan)

meniru, mereproduksi, menunjukkan

pemilihan dan penanganan bahan baku dan bahan tambahan untuk proses produksi pengolahan hasil nabati, penyiapan dan pengoperasian peralatan, pengendalian proses dan penilaian mutu hasil dengan menggunakan metode konvensional dan/atau alat modern.

Mandiri , bernalar kritis

- penanganan bahan baku dan bahan tambahan untuk produksi

- peralatan pengolahan

-pengendalian proses

-Menilai mutu hasil

 

P2. 11.1

 

P2. 11.2

P2. 11.3

P2. 11.4

 

35

 

 

21

 

42

 

28

 

 

 

 

XI

3.     Sistem manajemen keamanan pangan dan kualitas produk

 

Pada akhir fase F

peserta didik dapat :

memahami dan menyusun spesifikasi produk, penerapan sanitasi/SSOP (Sanitation Standard Operating Procedures), GMP (Good Manufacturing Practice) dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point)

 

Peserta didik dapat

menguraikan, menerapkan , menyimpulkan

melakukan, menunjukkan/mengendalikan

 tentang spesifikasi produk, penerapan sanitasi/SSOP (Sanitation Standard Operating Procedures), GMP (Good Manufacturing Practice) dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point)

Kreatif, bergotong royong

-      Spesifikasi produk

 

-      Sanitasi

 

-      GMP

 

-      HACCP

P3. 11.1

 

P3. 11.2

P3. 11.3

P3. 11.4

 

9

 

12

 

12

 

21

XI

4.     Analisa usaha pengolahan hasil pertanian

 

Pada akhir fase F

peserta didik dapat :

menganalisis aspek kelayakan usaha yaitu aspek hukum, aspek lingkungan, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis/ teknologi, aspek sumber daya manusia, aspek keuangan (perhitungan kebutuhan investasi, biaya operasional, perhitungan hpp produk, B/C Rasio, IRR, NPV, PI, BEP), serta pengadministrasian dan pembukuan sederhana.

 

Pada akhir fase F

peserta didik dapat :

Menjelaskan, menghitung, menganalisis

Mengulani, menerapkan, menunjukkan

aspek kelayakan usaha yaitu aspek hukum, aspek lingkungan, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis/ teknologi, aspek sumber daya manusia, aspek keuangan (perhitungan kebutuhan investasi, biaya operasional, perhitungan hpp produk, B/C Rasio, IRR, NPV, PI, BEP), serta pengadministrasian dan pembukuan sederhana.

Kreatif, bernalar kritis

-        aspek kelayakan usaha

-        Pengadministrasian usaha

-        Pembukuan usaha

P4. 11.1

 

P4. 11.2

P4. 11.3

 

30

 

 

12

 

12

XI


No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...