Saturday 1 July 2017

PSYCRHOMATRIC CHART

     Psychrometry adalah kajian yang mempelajari sifat-sifat yang saling berkaitan dalam system udara-uap air.  Dalam chart ini dapat langsung diketahui hubungan antara berbagai parameter udara secara cepat dan persisi, baik yang berkaitan dengan sifat fisik udara maupun sifat thermiknya.

     Cara terbaik memahami psychrometric chart adalah mengobservasi bagaimana letak dan posisi setiap garis kurva diletakkan atau dipetakan pada psychrometric chart.  Psychrometric chart menyatakan hubungan antara suhu bola kering, suhu bola basah, suhu titik embun, kelembaban relatif, panas total (entalpi), volume speisifik,  kelebaban spesifik, panas sensibel dan panas laten. 



 

 

 

 

 Cara membaca tabel Psycromatric Chart

 

 Cara membaca tabel di atas adalah sebagai berikut:
Bila ada dua parameter yang diketahui maka kedua parameter  tersebut diplotkan pada chart sehingga ketemu titik potongnya  (misalnya titik A). 

Kemudian dari titik potong tersebut dapat ditentukan parameter lainnya. Misalkan diketahui suhu bola kering 95oF, dan suhu bola basah 76oF.   

Dari kedua data ini kita dapatkan titik potong di titik A. Dengan dikethuinya titik potong ini maka data lain yang diperlukan dapat diketahui. Besarnya kelembaban relatif (RH) adalah 42%. Kelembaban psesifik (w) adalah 104,5 g/lb. Volume spesifik (SpV) adalah 14,3 ft3/lb. Suhu titik embun (DP) adalah 68,6oF. Enthalpy (H) adalah 39,55 BTU/lb.









No comments:

Post a Comment

Komentar

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL

JENIS DAN TUJUAN PROSES TERMAL Ada beberapa jenis proses pemanasan yang umum diterapkan dalam proses pengalengan pangan, seperti blansir...